Mobil Listrik UGM Hadir di KTT G20, Diminta Langsung oleh Menhub
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 16 November 2022 12:50 WIB
Tim mobil listrik Arjuna menyiapkan mobil untuk ujicoba saat perkenalan mobil listrik Arjuna UGM di halaman Balairung Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 26 November 2014. Mobil ini memiliki dua buah motor 48 volt berkekuatan 1000 Watt dan bisa melaju hingga 60 kilometer per jam. TEMPO/Suryo Wibowo.

GOOTO.COM, Jakarta - Universitas Gadjah Mada (UGM) turut membawa mobil listrik ke acara Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Bali pada 15-16 November 2022. Kendaraan listrik itu merupakan buatan tim Arjuna UGM.

Tim Arjuna UGM sendiri diminta oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi untuk meramaikan gelaran KTT G20 Bali 2022. Langkah itu diambil untuk memperlihatkan karya mobil listrik anak bangsa kepada dunia.

Melalui keterangan resminya, Ketua Tim Arjuna Electric Vehicle UGM Gusti Ngurah Bagus Suputra Wijaya berterima kasih telah diberi kesempatan membawa mobil listrik ke KTT G20. Tak hanya memamerkan, mereka juga berkesempatan menjelaskan terkait risetnya soal kendaraan listrik.

"Kalau kejuaraan kita sudah langganan juara di tingkat nasional dan internasional. Pameran ini (jadi) kesempatan mendekatkan produk kami ke publik dan salah satu prioritas KTT G20 kali ini adalah sustainable Energy Transition atau transisi energi berkelanjutan," kata dia, dikutip dari Antara.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa Menhub mengajak tim Arjuna UGM untuk mengedukasi dan sosialisasi kepada masyarakat dan tamu undangan KTT G20 terkaut kendaraan elektrifikasi.  

"Karenanya dalam pameran ini kami pun menjelaskan secara detail kepada para pengunjung soal pembuatan Power Distribution Panel (PDB) sendiri, pembuatan Battery Management System (BMS) sendiri dan menunjukkan mobil Formula SAE Electric Arjuna AF-03," ujar dia.

Gusti sendiri mengaku bakal mendukung keberlangsungan transisi energi berkelanjutan dan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Untuk Transportasi Jalan.

Sekedar informasi tambahan, Arjuna UGM ini merupakan tim Formula Student Electric Vehicle pertama Indonesia yang aktif mengikuti perlombaan di kancah nasional maupun internasional. Mereka diketahui turut mengembangkan sejumlah inovasi baru terkait riset yang dilakukan pada mobil Formula SAE Electric setiap tahunnya.

"Riset kami dalam pembuatan konsep mobil untuk lima penumpang yang diberi nama Arcana terus menjadi salah satu sorotan publik dan mereka ingin kami segera merealisasikannya," tutup dia.

Baca Juga: QJ Motor Hadirkan Motor Listrik RX Electric Sportbike di EICMA 2022

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#UGM
#Mobil Listrik
#Budi Karya Sumadi
#KTT G20
#Menhub

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi