Lyft dan Motional Rilis Robotaxi di LA, Pakai Hyundai Ioniq 5
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 18 November 2022 12:00 WIB
Robotaxi Hyundai IONIQ 5. (Antara/Yonhap)

GOOTO.COM, Jakarta - Lyft dilaporkan bakal meluncurkan layanan robotaxi bersama dengan perusahaan teknologi driverless (tanpa pengemudi), yakni Motional. Nantinya robotaxi itu akan beroperasi di Los Angeles (LA).

Masyarakat setempat yang ingin menikmati layanan tersebut tinggal melakukan pemesanan melalui aplikasi transportasi online. Akan tetapi sampai saat ini belum diketahui kapan robotaxi itu tersedia.

Dilansir dari situs Reuters hari ini, Jumat, 18 November 2022, peluncuran robotaxi tertunda akibat pengawasan peraturan yang ketat dan adopsi komersial dari teknologi kendaraan otonom. Situasi ini pun diklaim mengkhawatirkan investor.

Motional sendiri dilaporkan bakal menggunakan mobil listrik Hyundai Ioniq 5 untuk mengoperasikan robotaxi di LA. Sekedar informasi, LA menjadi kota kedua yang akan menikmati layanan robotaxi tanpa sopir setelah Las Vegas.

Sementara itu, kemitraan Lyft dan Motional telah bekerja sama selama tiga tahun dalam program percontohan di Las Vegas. Motional sendiri merupakan perusahaanb patungan antara Hyundai Motor Co dan pemasok mobil Aptiv Plc.

Mereka bakal bersaing dengan perusahan teknologi Alphabet Inc, yakni Waymo. Perusahaan tersebut dilaporkan berhasil menciptakan kendaraan tanpa pengemudi Waymo di jaringan ride-sharing Phoenix.

Spesifikasi Hyundai Ioniq 5

Hyundai Ioniq 5 yang menjadi platfor layanan robotaxi ini dibekali motor penggerak Permanent Magnet Synchronous Motor, rear-wheel drive (RWD). Komponen itu mampu menghasilkan tenaga 170 PS untuk tipe Standard Range dan 217 PS untuk tipe Long Range, dengan torsi 350 Nm.

Adapun Hyundai Ioniq 5 mengusung baterai Lithium-ion 58 kWh untuk tipe Standard dan 72,6 kWh. Ioniq 5 Prime Standar dan Signature Standar mampu menempuh jarak maksimal 384 km dalam sekali pengisian daya, sedangkan tipe Prime Long Range mampu menempuh jarak 481 km dan tipe Signature Long Range sejauh 451 km.

Hyundai Ioniq 5 memiliki opsi pengisian daya yang bervariatif. Tipe Prime Standard dan Signature Standard butuh waktu 5 jam dan 6 jam untuk tipe Prime Long Range dan Signature Long Range. Waktu pengisian ini bisa dicapai dengan penggunaan fasilitas wall charger atau AC Charger.

Sementara itu, dengan fast charging atau DC Charger kapasitas 50 kW, pengisian baterai hingga 80 persen membutuhkan waktu 46 menit untuk tipe Prime dan Signature Standar. Lalu untuk tipe Prime dan Signature Long Range membutuhkan waktu 57 menit.

Baca juga:

REUTERS

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Robotaxi
#Hyundai Ioniq 5
#Pengemudi
#Los Angeles
#Transportasi

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi