3 Tips Menjaga Ban Motor Agar Lebih Awet
Reporter: magang_merdeka
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 22 November 2022 09:35 WIB
Montir memperbaiki sepeda motor di bengkel di Jakarta, Selasa 26 April 2022. Menjelang mudik Lebaran sejumlah bengkel kendaraan bermotor kebanjiran pelanggan, dan pelaku usaha tersebut memperkirakan omset bengkel motor naik 50 hingga 70 persen daripada hari biasanya. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

GOOTO.COM, Jakarta - Setiap pengendara wajib memperhatikan kondisi ban motor agar bekerja dengan baik saat berkendara. Karena komponen tersebut merupakan salah satu hal terpenting dalam berkendara. 

Selain menjaga tekanan ban, kita juga harus menjaga ban luar agar lebih awet. Meskipun setiap ban motor memiliki usia pakai, namun menjaga keawetan ban merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan oleh pemilik motor..

Berikut redaksi Gooto.com merangkum tips menjaga ban motor agar lebih awet, seperti dikutip Wahanahonda hari ini, Selasa, 21 November 2022.

Perhatikan Beban Muatan

Tips pertama yang bisa dilakukan para pengendara motor adalah menghindari membawa beban berlebih. Hal ini dapat menyebabkan ban motor cepat pecah secara perlahan. Selain itu, hindari juga jalan berlubang dan jangan menghentikan kendaraan secara tiba-tiba.

Setiap sepeda motor dan jenis ban biasanya memberikan informasi tentang muatan maksimal yang bisa dibawa. Maka dari itu pengendara harus memperhatikan aturan yang sudah tertera dalam buku pedoman

Rajin Bersihkan Ban

Ban motor pasti akan selalu kotor setelah digunakan terus menerus, apalagi ketika musim hujan. Biasanya ketika motor melewati jalan berbatu, pasti akan ikut terbawa di sela-sela ban motor. 

Meskipun hal sepele, kerikil ini juga bisa membahayakan. Kerikil yang menyelip di ban akan menjadi salah satu penyebab kebocoran. Maka pengendara harus rajin membersihkan ban untuk menghindari hal-hal tersebut.

Selalu menjaga tekanan angin

Hal yang tak kalah penting agar ban motor tetap awet adalah menjaga tekanan angin. Karena jika tekanan angin berkurang atau berlebih, itu akan sangat memengaruhi usia ban. Oleh karena itu, untuk menjaga ban tetap awet dan berusia panjang maka kita harus memperhatikan hal ini.

KHOLIS KURNIA WATI | WAHANAHONDA

Baca juga: Suzuki Resmikan Dealer Baru di Bekasi, Ada Program Servis Gratis

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Ban Motor
#Ban
#Tips
#Honda
#Motor
#Sepeda Motor

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi