Honda Kembangkan Teknologi Otonom Level 3 Mulai 2029
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 1 Desember 2022 09:00 WIB
Honda Logo (REUTERS/Toru Hanai)

GOOTO.COM, Jakarta - Honda bakal mengembangkan teknologi otonom atau self driving Level 3 pada mobilnya mulai 2029. Teknologi ini diklaim berfungsi pada kecepatan untuk penggunaan di jalan raya.

Sebenarnya Honda sudah memiliki teknologi self driving Level 3, namun akan dikembangkan lebih lanjut untuk penggunaannya. Honda Motor Co., Ltd., pada Maret 2021 bahkan mejadi produsen mobil pertama di dunia yang menjual kendaraan dengan teknologi otonom Level 3.

Melansir laman Reuters hari ini, Kamis, 1 Desember 2022, self driving Level 3 merupakan teknologi mengemudi otonom namun tetap melibatkan pengemudi. Artinya, mobil tidak bisa sepenuhnya berjalan sendiri berdasarkan sistem tanpa kendali pengemudi.

"Kami percaya dapat mengurangi kecelakaan dengan mengejar teknologi Level 3, yang intinya adalah tentang mobil yang tidak bertabrakan," kata insinyur Honda, Mahito Shikama.

Sistem Traffic Jam Pilot Level 3 Honda dapat bekerja dengan kecepatan di bawah 30 km per jam di jalan raya, dan tetap beroperasi hingga kecepatan 50 km per jam. Sistem ini diharapkan bisa mengurangi angka kecelakaan yang terjadi di jalanan.

Seperti diketahui, Honda menargetkan tingkat kematian nol dari kecelakaan lalu lintas yang melibatkan mobil dan sepeda motor secara global pada tahun 2050. 

Shikama enggan memberikan komentar saat ditanya soal seberapa cepat Honda akan memulai produksi kendaraan self driving Level 3 secara massal. Honda sendiri pertama kali meluncurkan teknologi otonom Level 3 ini melalui model sedan Honda Legend yang hanya diproduksi 100 unit. 

DICKY KURNIAWAN | REUTERS

Baca juga: Mitsubishi Rilis New Colt L300 Euro 4, Harganya Mulai Rp 218 Jutaan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Honda
#Mobil Otonom
#Teknologi
#Self Driving
#Pengemudi

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi