10 Bus Listrik Dihadirkan untuk Pertambangan, Meluncur Secara Bertahap
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 8 Desember 2022 15:00 WIB
Bus listrik untuk kegiatan pertambangan. (Foto: ANTARA/HO-PTBA)

GOOTO.COM, Jakarta - Anggota holding BUMN pertambangan MIND ID, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dilaporkan bakal mengoperasikan 10 unit bus listrik antar jemput karyawan di sekitar Tanjung Enim ke lokasi pertambangan. Kendaraan listrik itu merupakan buatan dari PT INKA.

Kabar itu diutarakan langsung oleh Direktur Utama Bukit Asam Tbk Arsal Ismail pada Rabu, 7 Desember 2022. Dirinya menjelaskan bahwa bus listrik buatan PT Industri Kereta Api (INKA) tersebut sudah digunakan sejak Oktober 2022.

Kehadiran bus listrik ini merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap instuksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menyambut Net Zero Emission pada 2060 mendatang. Menurut Arsal, ini juga sejalan dengan visi PTBA sebagai perusahaan energi dan kimia.

“Nantinya bus akan datang secara bertahap sesuai kebutuhan hingga akhir Desember 2022,” kata dia seperti dilansir Tempo.co dari situs berita Antara hari ini, Kamis, 8 Desember 2022.

Lebih lanjut dirinya juga menyebut PTBA berkomitmen untuk mengalihkan penggunaan operasional pertambangan ke kendaraan listrik. Keputusan ini, kata dia, merupakan wujud komitmennya dalam hal dekarbonisasi.

“Penggunaan kendaraan listrik akan terus ditingkatkan," tambah dia. “Perusahaan telah memiliki roadmap manajemen karbon hingga tahun 2050."

Selain bus listrik, PTBA juga sudah mengganti sejumlah peralatan pertambangan berbahan bakar fosil menjadi elektrik. Beberapa alat itu adalah tujuh unit ekskavator listrik jenis Shovel PC-3000, 40 unit dump truck sekelas 100 Ton hybrid, dan enam unit pompa tambang listrik.

PTBA turut menerapkan E-Mining Reporting System, yakni sistem pelaporan produksi secara real time dan online. Sistem tersebut nantinya bisa meminimalkan pemantauan konvensional yang memakai bahan bakar.

Baca juga: Tiket WSBK Mandalika 2022 Terjual 24.102 Lembar

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#bus listrik
#Pertambangan
#Kendaraan Listrik
#Tambang
#PTBA

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi