3 Manfaat Coating Cat Mobil Saat Musim Hujan
Reporter: Zaidan Fadhil
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 9 Desember 2022 19:00 WIB
Proses coating mobil di Luminoz Autocar PIK, Jakarta. 6 September 2020. TEMPO/Wira Utama
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat mobil ketika memasuki musim hujan. Salah satunya dengan melakukan perawatan pada bagian eksterior, seperti cat mobil.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Perlu diketahui, cat mobil yang terus-menerus terkena air hujan akan berpengaruh pada keawetannya. Untuk menghindari adanya kerusakan sekaligus menjaga cat mobil tetap orisinil, pemilik kendaraan disarankan melakukan coating.

“Menghadapi musim hujan, pengendara harus ekstra hati-hati dan lebih memperhatikan kondisi dan tampilan kendaraannya. Salah satunya dengan melakukan coating cat mobil agar tampilan eksterior kendaraan tetap terjaga, awet, dan tidak pudar."

"Coating cat mobil dapat Anda lakukan di penyedia jasa layanan coating cat mobil terdekat,” kata Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales, dikutip dari situs Suzuki, Jumat, 9 Desember 2022. 

Coating cat mobil berfungsi menutup pori dan menambahkan lapisan pada cat mobil. Lapisan yang digunakan merupakan lapisan khusus berupa ceramic coating yang terdiri dari campuran silikon dioksida, polysilazane dan bahan pelarut lainnya.

Dalam kesempatan ini, redaksi Gooto.com merangkum beberapa manfaat Coating mobil saat memasuki musim hujan. Berikut ulasannya: 

Terhindar dari timbulnya waterspot

Coating cat mobil dapat menghindari datangnya waterspot atau biasa disebut jamur. Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh air hujan yang meresap ke dalam pori cat mobil.

Dengan melakukan coating cat, air hujan yang menempel pada bodi mobil akan langsung turun dan tidak menyentuh permukaan cat terlalu lama. Sehingga tidak akan muncul noda yang sulit dihilangkan pada permukaan bodi. 

Melindungi munculnya goresan halus pada bodi mobil

Air hujan yang mengenai bodi mobil tidak hanya berpotensi menyebabkan timbulnya jamur, tetapi juga dapat menimbulkan goresan pada bodi mobil. Goresan tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor.

Salah satunya karena terkena cipratan air hujan, yang bercampur dengan kotoran berpartikel kecil. Air itu menempel pada bodi mobil, dan jika langsung dibersihkan menggunakan kain, hal itu bisa menimbulkan goresan halus.

Selain itu, hujan deras juga dapat mengakibatkan ranting pohon terjatuh dan mengenai bodi mobil. Kondisi ini bisa memberikan bekas goresan. Dengan menggunakan coating cat mobil, maka goresan-goresan halus tersebut dapat dihindari terlebih dahulu.

Mempertahankan keawetan cat mobil 

Melakukan coating cat mobil juga menjadi salah satu metode perawatan yang bermanfaat untuk menjaga cat mobil tetap awet. Penambahan lapisan khusus di permukaan cat mobil akan meresap ke dalam pori-pori cat mobil dan membentuk lapisan tipis yang akan menutup seluruh permukaan cat mobil.

Proses inilah yang membuat cat mobil menjadi lebih awet dan tidak cepat memudar. Hal tersebut juga dapat menjadi solusi agar warna cat asli pada kendaraan tidak kusam dan dapat mempertahankan warna aslinya.

ZAIDAN FADHIL | SUZUKI

Baca juga: Mobil Terbang Bakal Hadir di IKN, Ini yang Harus Dilakukan Pemerintah

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi