Tips Merawat Shock Breaker Mobil Selama Musim Hujan
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Minggu, 20 November 2022 14:00 WIB
Ilustrasi shockbreaker mobil. (Daihatsu)

GOOTO.COM, Jakarta - Perawatan shock breaker cukup penting bagi pemilik mobil. Karena komponen tersebut berperan sangat penting untuk menopang kaki-kaki mobil dan membuat nyaman penumpang.

Ketika musim hujan tiba, shock breaker menjadi salah satu komponen yang wajib diperhatikan. Pemilik mobil diminta untuk melakukan perawatan yang lebih ekstra terhadap komponen tersebut saat periode tersebut.

Dalam kesempatan ini redaksi Gooto.com merangkum sejumlah tips merawat shock breaker mobil ketika musim hujan tiba. Berikut ulasannya, dilansir dari Auto2000 hari ini, Minggu, 20 November 2022:

  1. Berkendara Secara Halus

Tips pertama dalam merawat shock breaker mobil adalah berkendara secara halus dan tenang, khususnya saat melewati jalan rusak atau polisi tidur. Selain itu hindari pula melakukan rem mendadak ketika sedang berakselerasi.

  1. Cek Kondisi Shock Breaker

Kedua, pemilik mobil juga harus rutin melakukan pengecekan terhadap kondisi shock breaker. Salah satu bagian yang diperiksa adalah bagian per, hidrolis, hingga oli. Tak hanya itu, karet pelindung, stopper dan komponen karet lainnya di kaki-kaki mobil juga harus dicek.

  1. Batasi Muatan Mobil

Selanjutnya pemilik kendaraan roda empat juga disarankan untuk membatasi muatan mobil sesuai dengan daya angkut yang telah ditentukan. Jika dibiarkan mengangkut daya yang melebihi batas maksimal, maka shock breaker mobil bisa mengalami kebocoran hingga rusak.

  1. Rutin Lakukan Spooring dan Balancing

Spooring wajib dilakukan untuk mengaatur sudut keselarasan roda mobil. Ketika shock breaker bermasalah, maka spooring akan sulit dilakukan. Sementara itu Balancing juga berfungsi mengatur perputaran roda agar tidak bergetar. Disarankan pula spooring dan balancing lebih baik dilakukan bersamaan agar tidak repot.

  1. Rotasi Ban

Tips terakhir adalah melakukan rotasi ban depan dengan bagian belakang. Hal ini dilakukan agar menyamakan tingkat keasuan seluruh ban mobil. Jika kondisi ban prima, maka hal itu dapat membantu shock breaker untuk bekerja lebih mudah dalam meredam guncangan.

Baca juga: 5 Merek yang Penjualan Mobilnya Meningkat di Oktober 2022

AUTO2000

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Shock Breaker
#Tips
#Musim Hujan
#Mobil
#Auto2000

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi