Penumpang Bus di Giwangan Meningkat Selama Libur Akhir Tahun
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 29 Desember 2022 12:53 WIB
Penumpang bus di Terminal Giwangan Yogyakarta. Tempo/Pribadi Wicaksono
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pengguna bus di Terminal Giwangan Yogyakarta mengalami peningkatan selama libur akhir tahun. Selain bus antar kota antar provinsi, jumlah penumpang bus perkotaan juga mengalami peningkatan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Petugas Pelayanan Data Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Evak Nur Wakhid. Dirinya menjelaskan bahwa kenaikan jumlah penumpang itu terjadi pada pekan libur Natal.

"Selain warga lokal, pengguna bus reguler perkotaan juga berasal dari wisatawan dari luar daerah," kata dia seperti dilansir Tempo.co dari situs berita Antara hari ini, Kamis, 29 Desember 2022.

"Kenaikan cukup tinggi terjadi menjelang perayaan Natal dengan kenaikan sekitar 111 persen untuk penumpang yang diberangkatkan dari Terminal Giwangan dan saat ini pun kenaikan masih cukup tinggi sekitar 80 persen dibanding angka pada periode libur tahun sebelumnya," ujar dia.

Sementara itu Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta mengatakan rata-rata harian jumlah penumpang bus perkotaan tersebut mencapai 1.000 sampai dengan 1.300 orang. Jumlah tersebut dihitung dari penumpang yang datang maupung yang berangkat dari Terminal Giwangan.

"Peningkatan jumlah penumpang untuk angkutan perkotaan khususnya Trans Jogja menjadi awal yang baik untuk meningkatkan kualitas layanan transportasi untuk mendukung wisata," kata dia, masih dkutip dari Antara.

Lebih lanjut dirinya menginformasikan bahwa peningkatan jumlah penumpang juga terjadi pada bus jarak jauh. Namun, menurut Bekti, jumlah penumpangnya tidak sepadat jelang libur Natal pekan kemarin.

Secara total, jumlah pengguna bus di Terminal Giwangan mengalami peningkatan hingga 53 persen untuk penumpang yang datang. Sedangkan untuk penumpang yang diberangkatkan, jumlahnya naik 15 persen.

"Libur panjang sekolah juga memengaruhi peningkatan jumlah pengguna moda transportasi bus," tutup Bekti.

Baca juga: Lihat Modifikasi McLaren 720S dengan Lampu-lampu Bernuansa Natal

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi