Porsche Yakin Bisa Menjadi Juara Dunia Formula E 2023
Reporter: Tempo.co
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 10 Januari 2023 19:48 WIB
Tag Heuer Porsche Formula E Team akan menerjunkan perdana mobil Porsche 99X Electric yang sudah memenuhi regulasi Gen3. (Foto: Porsche)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Tag Heuer Porsche Formula E Team akan mengandalkan mobil listrik Porsche 99X Elelctric Gen3 di Season 9 ABB FIA Formula E World Championship. Seri perdana akan digelar di Autodromo Hermanos Rodriguez di Meksiko 14 Januari 2023. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Porsche 99X Electric diklaim paling kompetitif dibanding pesaingnya berkat kemampuan akselerasi, ringan, paling bertenaga, dan juga efisien dalam penggunaan energi baterai.

Di kalender ABB FIA Formula E World Championship Season 9 akan digelar sebanyak 16 kali balapan di tiga benua besar. “Persaingan akan berbalik di kejuaraan dunia ini berkat adanya mobil balap listrik ini,” ujar Florian Modlinger, Director Factory Motorsport Formula E.  

Perubahan di Gen3 ini meliputi tenaga ke roda belakang mencapai 476 hp, ada peningkatan 100 hp lebih dari regulasi Gen2. Sumber tenaga merupakan hasil internal di Porsche Motorsport. Bila dibandingkan dengan mobil balap berbahan bakar minyak, Porsche 99X Electric lebih efisien dalam pemakaian energi mencapai 95 persen. Lebih dari 40 persen digunakan untuk memulihkan tenaga.

Porsche 99X Electric sudah siap bertarung dengan mobil balap listrik lainnya di Season 9 ABB FIA Formula E World Championship. (Foto: Porsche)

Vice President Porsche Motorsport Thomas Laudenbach mengatakan bahwa tim pengembangan di Weissach telah menginvestasikan banyak pekerjaan, pengalaman, hati dan jiwa ke dalam mobil balap ini.

"Mereka semua bisa sangat bangga dengan hasilnya. Seperti generasi terbaru Formula E, Porsche 99X Electric Gen3 mewakili tonggak teknologi dalam balap serba listrik. Untuk Formula E dan juga untuk Porsche, mengkampanyekan mobil-mobil baru ini dari Season 9 ABB FIA Formula E World Championship merupakan langkah signifikan menuju masa depan motorsport. Kami menantikan awal musim dan era baru," kata dia. 

Director Factory Motorsport Formula E Florian Modlinger mengungkapkan bahwa timnya dan pembalap António Félix da Costa dan Pascal Wehrlein masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan menjelang balapan pertama dengan Porsche 99X Electric Gen3 baru kami di Meksiko pada 14 Januari. "Kami yakin bahwa kami akan membuat kemajuan lebih lanjut sebelum awal musim dan bahwa kami akan berada dalam posisi yang baik saat kartu dirombak di antara tim dengan kedatangan mobil baru,” ujar dia.

Porsche 99X Electric sudah disiapkan hadapi 16 seri Season 9 ABB FIA Formula E World Championship

António Félix da Costa sebagai salah satu pembalap Porsche mengatakan mobil balap baru yang akan dikemudikannya memiliki langkah besar untuk dapat bersaing. "Ringan dan lebih bertenaga dibanding pendahulunya. Penampilannya saja sudah membuat senyum di wajah pembalap,” kata da Costa.

Mantan pembalap Formula 1, Pascal Wehrlein, yakin mobilnya barunya akan lebih kompetitif. "Ketika kali pertama mencobanya, saya sudah yakin sejak awal. Setidaknya kami sudah memberikan masukan sejak awal, membuat mobil bisa lebih kencang, bahkan juga cepat seperti klaim performanya," tutur Wehrlein yang pernah menjadi rekan satu tim pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto, di tim Manor Racing F1 musim 2016. 

Jadwal Season 9 ABB FIA Formula E World Championship:

Race 114 Januari – Mexico City (Mexico)Races 2 & 327 / 28 Januari – Diriyah (Saudi-Arabia)Race 411 Februari – Hyderabad (India)Race 525 Februari – Cape Town (South Africa)Race 625 Maret – Sao Paulo (Brasilia)Races 7 & 822 / 23 April – Berlin (Jerman)Race 96 Mei – Monte-Carlo (Monaco)Races 10 & 113 / 4 Juni – Jakarta (Indonesia)Race 1224 Juni – Portland (Amerika Serikat)Races 13 & 1415 / 16 Juli - Rome (Italia)Races 15 & 1629 / 30 Juli – London (Inggris Raya)

Baca juga: Pj Gubernur DKI Beri Kuasa Jakpro Cari Sponsor Formula E Jakarta, BUMN Jadi Opsi

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi