Jaguar TCS Racing Siap Hadapi Seri Pembuka Formula E di Meksiko
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 10 Januari 2023 12:58 WIB
Jaguar TCS Racing mengabarkan sudah siap berkompetisi di seri pembuka Season 9 ABB FIA Formula E World Championship 2013 (Foto: Jaguar Racing)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaJaguar TCS Racing mengabarkan sudah siap berkompetisi di seri pembuka Season 9 ABB FIA Formula E World Championship 2023 di kota Meksiko pada 14 Januari 2023. Lebih tepatnya di Autódromo Hermanos Rodríguez, mobil balap listrik Jaguar I-TYPE 6 ini akan berpacu di era balapan Gen3.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tim ini akan diperkuat pembalap Mitch Evans dan Sam Bird.

Balap Formula E musim ini diikuti oleh 22 pembalap dan 11 tim dengan 16 seri yang akan digelar selama tujuh bulan di lima benua. Salah satunya digelar di Jakarta pada 3-4 Juni 2023. 

Di seri Meksiko ini Jaguar I-TYPE 6 akan ditantang kelincahannya melibas tikungan berkecepatan tinggi Peraltada dan Foro Sol Stadium. Total balapan akan berlangsung 36 lap, dan kemungkinan akan lebih ramai dari E-Prix tahun lalu mendatangkan 40.000 penonton.

“Sepanjang musim 2022 kami sangat positif hasilnya meskipun sempat meleset dari target. Tentunya hal tersebut menjadi motivasi kepada tim untuk berjuang raih titel tim dan pembalap ABB FIA Formula E World Championship,” ujar James Barclay, Jaguar TCS Racing Team Principal, dalam keterangan resminya.

James Barclay juga menyatakan bahwa pengalaman Mitch Evans dan Sam Bird bisa membawa Jaguar I-TYPE 6 menjalani musim lebih menyenangkan. “Begitu banyaknya yang harus dipelajari dari mobil balap Gen3, format balapan baru, dan penggunaan ban Hankook, seri pertama di Meksiko ini akan mencoba segala kesiapan dan beradaptasi,” ujar dia.

Mitch Evans di tim Jaguar TCS Racing menangi Formula E Jakarta 2022. (Foto: Jaguar TCS Racing)

Adapun Mitch Evans mengakui bahwa musim lalu adalah pencapaian paling sukses di Formula E. “Saya akan menggunakan berbagai kesempatan untuk memulai musim ini dan meraih hasil positif di seri pertama. Saya pernah menang di Meksiko pada 2020, jadi merasa sangat siap hadapi musim ini,” kata Evans.

Tanggapan serupa tak sabar untuk segera memulai musim balap mobil listrik diungkapkan Sam Bird. “Tak sabar rasanya ingin balapan di Meksiko, apalagi yang kita tahu dengan begitu banyak penonton. Teringat suaranya begitu riuh menembus helm, tak bisa ditemui balapan lain. Saya sudah siap untuk memulai balapan ini untuk raih sebaik mungkin,” tegas Sam.

Kesiapan tim teknis diungkapkan oleh Phil Charles, Jaguar TCS Racing Technical Manager jelang balapan di Meksiko. “Tak sabar rasanya melihat bagaimana mobil listrik Gen3 ini saling bersaing. Kami tahu bahwa sirkuit ini sangat menantang, temperatur tak menjadi masalah, namun melihat tikungan jelang lintasan lurus mengartikan ban tak ada kesempatan untuk lebih dingin menyelesaikan lap.”

Phil Charles juga mewanti-wanti, “Tikungan terakhir merupakan salah satu yang patut diwaspadai tikungan berkecepatan tinggi menjadi pertimbangan musim ini. Jadinya setelan yang tepat, sistem, dan kemampuan pembalap akan disinkronkan bila ingin menaklukkan Meksiko.”

Baca juga: Kalender FEO: Jakarta Gelar 2 Kali Balapan Formula E Musim 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi