IMI Pastikan Sirkuit Mandalika Dapat Lisensi Grade 2 FIA Akhir Bulan Ini
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 12 Januari 2023 08:28 WIB
Pekerja menyelesaikan pengecatan pinggir lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu 5 Maret 2022. Menjelang perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) 2022, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) melakukan penyempurnaan lintasan dan berbagai fasilitas pendukung sirkuit yang ditargetkan dapat selesai secara keseluruhan pada 16 Maret 2022.ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebelumnya berencana untuk menggelar balap mobil di Sirkuit Mandalika. Mereka pun berusaha mendapatkan lisensi dari otoritas tertinggi balap mobil dunia (FIA).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kini Sirkuit Mandalika dipastikan bakal mendapatkan lisensi Grade 2 dari FIA pada akhir Januari 2023. Dengan begitu, Pertamina Mandalika International Street Circuit sudah bisa menggelar balap mobil pada tahun ini.

Informasi tersebut dipaparkan langsung oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo atau yang akrab disapa Bamsoet. Dirinya menjelaskan bahwa lisensi Grade 2 itu diterima setelah FIA melakukan inspeksi ke Sirkuit Mandalika.

"Atau paling lambat Februari 2023, Sirkuit Mandalika akan menerima lisensi Grade 2 dari FIA," kata Bamsoet dalam keterangan resminya, seperti dilansir Gooto.com dari Antara hari ini, Kamis, 12 Januari 2023.

Sekedar informasi, Inspektur FIA Timothy Schenken menjadi salah satu perwakilan untuk melakukan inspeksi ke Sirkuit Mandalika pada Desember 2022. Ia ditemani Wakil Ketua Umum Olahraga Mobil PP IMI Ananda Mikola serta jajaran dari Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

"Usai mendapatkan Grade 2, Sirkuit Internasional Mandalika bisa menyelenggarakan berbagai kejuaraan internasional balap mobil seperti F2, Asia Le Mans Series, GT World Challenge, World Endurance Challenge, dan lain sebagainya," tambah Bamsoet.

Terlepas dari itu, IMI, ITDC dan MGPA saat ini tengah mempersiapkan gelaran dia balap motor World Superbike atau WSBK Mandalika dan MotoGP Mandalika. Nantinya WSBK Mandalika bakal berlangsung pada 3-5 Maret 2023, sedangkan MotoGP Indonesia dimainkan pada 13-15 Oktober 2023.

Selain dua balapan itu, Sirkuit Mandalika juga bakal menggelar Idemitsu Asia Talent Cup (IATC). Ajang tersebut turut diikuti oleh para pembalap muda Indonesia, termasuk Veda Ega Pratama, yang dianggap sebagai local hero.

Baca juga: MotoGP: Honda Pakai Bahan Bakar Biofuel, Apa Bedanya?

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi