Suzuki Jimny 5 pintu ada Kemungkinan Dijual di Indonesia
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 13 Januari 2023 11:44 WIB
Fitur-fitur menarik yang dihadirkan di mobil generasi keempat ini seperti Hill Descent Control, LSD, traction control hingga headlamp washer. (Foto: Maruti Suzuki)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Suzuki Jimny 5 Pintu sudah menjadi perbincangan selama dua tahun terakhir, bahkan diharapkan didatangkan kembali untuk para penggemarnya di Indonesia. Pada 11 Januari, mobil ini tampil di New Delhi Auto Expo 2023 menghadirkan fitur kenyamanan dan keselamatan lengkap dan tak mengesampingkan kemampuan offroad-nya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Head of Brand Development & Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales Harold Donnel Tampubolon mengatakan bahwa Jimny 5 pintu tersebut penyampaiannya dikemas berbeda dibanding versi Jimny 3 pintu.

“Suzuki Jimny 5 pintu ini memiliki wheelbase yang panjang, sehingga menawarkan kenyamanan kabin buat penumpang dan juga muat bagasi lebih luas. Tinggal bagaimana menerjemahkan Suzuki Jimny 5 pintu ini bisa juga dibawa berpetualang," kata Harold kepada Gooto, Jumat, 13 Januari 2023.    

Ruang bagasi standar sajikan 208 liter, andai kursi penumpang dilipat menjadi 332 liter. (Foto: Maruti Suzuki)

Harold menegaskan bahwa, Suzuki Jimny memiliki history yang panjang di Indonesia bahkan diproduksi juga di sini. Dirinya juga tak menampik bahwa Jimny 5 pintu memungkinkan untuk ditawarkan kepada konsumen di Indonesia.

Bahkan dia juga tak menepis Jimny 5 pintu bisa juga diproduksi di Indonesia, sama seperti Suzuki Ertiga memiliki dua basis produksi di India dan Indonesia. “Tapi hal ini tentunya ada kebijakan bisnis dari Suzuki, apakah perlu untuk dibuat juga di Indonesia,” ujar dia. 

Ketika kami konfirmasi apakah Jimny 5 pintu akan dibawa di pameran otomotif terdekat seperti Indonesia International Motor Show (IIMS) bulan Februari mendatang, Harold masih menutup diri. “Ditunggu saja, kami akan ketemu menjelang IIMS, pastinya ada kejutan,” kata dia.   

Secara dimensi Jimny 5 pintu ini memiliki panjang 3.985 mm. Jarak sumbu roda juga digeser 340 mm menjadi 2.590 mm. Lebar masih tetap dipertahankan 1.645 mm dan tinggi 1.720 mm.

Peluncuran Suzuki Jimny 5 pintu di New Delhi Auto Expo 2023, 11 Januari 2023. (Foto: Maruti Suzuki)

Meski jarak sumbu roda menjadi lebih panjang, kelincahan Suzuki Jimny 5 pintu ini masih tetap bisa diandalkan bermain di jalur off-road. Model ini ditawarkan penggerak empat roda bisa dipilih dalam mode 2H, 4H dan 4L. Adapun transmisinya ada pilihan manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Mesin yang dipakai tak berbeda jauh dengan tipe Suzuki Ertiga dan Suzuki Jimny 3 pintu, yakni 4 silinder berkode K15B dengan Idle Start Stop. Kapasitas silinder 1.462 cc, rasio kompresi 10:1 menghadirkan tenaga 104,8 PS pada 6.000 rpm dan torsinya 134,2 Nm pada 4.000 rpm. 

Perihal kemampuan di jalur off-road, departure angle mencapai 50 derajat, Ramp Breakover angle 24 derajat, aproach angle 36 derajat dengan ground clearance 210 mm. Jarak pijak roda depan 1.395 mm dan roda belakang 1.405 mm.

Baca juga: Suzuki Jimny 5 Pintu Dirilis, Simak Spesifikasi Lengkapnya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi