Toyota Gazoo Racing Dominasi Podium 1-2 WRC Monte Carlo 2023
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 23 Januari 2023 11:00 WIB
Sebastien Ogier menambah koleksi memenangkan sembilan kali Monte Carlo. (Foto: Toyota Gazoo Racing WRT)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaToyota Gazoo Racing World Rally Team di seri pembuka FIA World Rally Championship (WRC) 2023, di Monte Carlo berhasil menguasai podium 1-2, pada Minggu, 22 Januari 2023. Podium kemenangan diraih Sebastien Ogier sekaligus menambah koleksinya memenangkan sembilan kali Monte Carlo. Sedangkan posisi dua di podium, Kalle Rovanpera, hanya terpaut 18,8 detik mengendarai Toyota GR Yaris Rally1 Hybrid.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Podium posisi tiga ditempati Thierry Neuville mengendarai Hyundai i20 N Rally1 Hybrid, terpaut 44,6 detik. Finis posisi empat ada Elfyn Evans pembesut Toyota GR Yaris Rally1 Hybrid terpaut 1:12,4 detik dari Ogier yang juga rekan setimnya.

“Pekan balapan yang sesuai rencana. Kemenangan reli ini sangat penting buat saya dan selalu spesial, tentunya saya sangat menikmatinya. Menjadi kebanggaan tersendiri dan tim, apalagi cukup dominan semenjak mulai reli pembuka ini,” ujar Sebastien Ogier usai menyelesaikan WRC Monte Carlo dalam keterangan resmi.

Dirinya juga bisa menunjukkan bahwa Toyota berhasil mendukung dengan kerja sama tim. “Hal yang luar biasa mengawali musim dengan finis 1-2 apalagi Kalle juga sangat kencang. Etape hari Sabtu lebih menguji nyali, saya tahu bisa lebih kencang tapi tak ingin ambil risiko. Pada hari Minggu tentunya lebih menuntut keseriusan berkendara dan saya bisa menikmatinya.”

Sebastien Ogier saat menyelesaikan etape di Reli Monte Carlo 2023. (Foto: Gazoo Racing)

Ogier menanggapi navigator yang terbilang baru dua kali bersama yakni Vincent Landais, “Senang dengan kemampuan Vincent. Ini adalah kemenangan WRC pertamanya dan dirinya patut menerima; sangat membantu di sisi tangan kanan saya di kedua kalinya mendampingi saya.”

Adapun Toyota GR Yaris bernomor 69 yang dikendarai Kalle Rovanpera nyaris memenangkan Monte Carlo, padahal dirinya sudah mendominasi enam kemenangan Special Stage di reli kali ini, tapi dirinya masih senang bisa di posisi kedua podium reli Monte Carlo.

“Berantakan semua etape pada awal hari pembuka, sehingga banyak kehilangan waktu, tapi setelah itu kecepatan mobil sangat bagus. Ketika lintasan bisa dikuasai, kecepatan mobil hampir sama dengan semua, bisa bersaing di puncak catatan waktu, akhirnya bisa juga raih poin penuh di Power Stage dan ini menjadi hal penting untuk memulai musim,” kisah Kalle Rovanpera.

Kalle Rovanpera mampu kuasai enam Special Stage di Monte Carlo. (foto: Toyota Gazoo Racing)

Toyota GR Yaris diakuinya dipersiapkan dengan sangat bagus untuk reli kali ini. “Sepertinya semuanya sangat kencang dan percaya diri dengan mobilnya. Selamat buat Sebastien dirinya memang master Monte Carlo,” kata dia.

Kemenangan di seri pembuka WRC 2023 mendapat respon dari petinggi Toyota yakni Akio Toyoda yang juga menjabat sebagai Toyota Gazoo Racing World Rally Team Chairman.

“Selamat atas sembilan kali kemenangan Sebastien di Monte Carlo dan kemenangan pertama bagi Vincent! Ini adalah musim kedua bagi Toyota GR Yaris Rally1 Hybrid. Tim sudah langsung bersiap setelah seri reli di Jepang usai tahun lalu, sehingga banyak yang disempurnakan di mobil meski jaraknya sangat dekat, namun tetap siap hadapi musim kedua ini,” ujar Akio Toyoda.

Baca juga: Toyota Agya GR Sport Sapu Bersih Seri ke-6 MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi