Mazda CX-90 Bertenaga 340 HP Diperkenalkan, Ini Detailnya
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 2 Februari 2023 07:32 WIB
Mazda CX-90 membopong mesin anyar e-Skyactiv 3.3L, instalasi enam silider segaris disokong turbo. (Foto: Mazda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMazda CX-90 terbaru resmi diperkenalkan Mazda North American Operations, 31 Januari 2023. Dibangun dari platform terbaru, mobil yang memiliki 3 baris tempat duduk ini akan menjadi flagship brand asal Jepang untuk pasar Amerika Serikat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mazda CX-90 dikemas dengan dimensi yang besar, panjang, dan tampilan agresif sebagai SUV perkotaan. Bahkan agar diterima konsumen di negara Adidaya tersebut, mesin terbarunya paling terkuat hasilkan tenaga yang pernah dibuat oleh Mazda.

Jeff Guyton, President and CEO of Mazda North American Operations, mengatakan bahwa Mazda CX-90 menghadirkan performa paling kuat dan responsif, desain memukau hingga teknologi terkini. "Menjadi kebanggaan bersama tim untuk bisa memperkenalkan CX-90, kita tahu ini adalah terobosan kendaraan terkini di segmennya," kata Guyton dalam keterangan resminya. 

Mazda CX-90 sebagai Sport Utility Vehicle (SUV) terrkuat resmi diperkenalkan Mazda North American Operations, 31 Januari 2023. (Foto: MAzda)

Sebelum membahas dimensi dan teknologi bantuan pengendara yang diusung, Mazda CX-90 ini membopong mesin anyar e-Skyactiv 3.3L, instalasi enam silinder segaris disokong turbo.  Di atas kertas Mazda mengklaim tenaganya mencapai 340 hp dan torsinya 500 Nm, tentunya perlu bahan bakar di atas RON 92 agar bisa kerahkan semua performanya.

Tak ketinggalan ada teknologi pendorong M-Hybrid Boost (mild hybrid system) yang menjanjikan efisiensi bahan bakar lebih baik, tanpa mengorbankan performa. Motor listrik disematkan di antara mesin dan transmisi, menghadirkan akselerasi yang halus, apalagi motor listrik sudah bekerja mulai dari kecepatan rendah.

Mazda CX-90 PHEV juga menjadi pilihan kedua yang akan dihadirkan kepada konsumen di Amerika Serikat. Bisa meluncur secara murni andalkan motor listrik menggerakkan rodanya. Sehingga pengendara bisa lebih mengoptimalkan efisiensi bahan bakar dan bisa melaju di beberapa lokasi lalu lintas khusus kendaraan listrik.

Mazda CX-90 hadirkan teknologi pendorong M-Hybrid Boost (mild hybrid system) yang menjanjikan efisiensi bahan bakar lebih baik. (Foto: Mazda)

Adapun Mazda CX-90 PHEV ini gunakan mesin empat silinder berkapasitas 2.500 cc. Sudah disempurnakan berbanding mesin pendahulu yang membuat tendangan torsinya kian kuat, mencapai 500 Nm dan tenaga di 323 hp. Motor listrik dan baterai berkapasitas tinggi 17,8 kWh. Ini sangat membantu untuk perjalanan yang jauh, atau ketika pengendara menginginkan akselerasi kuat seperti melesat di jalan tol.

Penerus daya kedua Mazda CX-90 ini gunakan  transmisi delapan percepatan terbaru, didesain spesial untuk mesin elektrifikasi dan kendaraan bongsor. Terdapat fitur multi-speed automatic gearbox dengan torque converter, menjadikan akselerasi lebih halus namun bergerak cepat sehingga bisa meningkatkan efisiensi.

Tongkrongan gagah Mazda CX-90 berkat penggunaan pelek 21 inci. Memang terlihat menjadi besar dimensinya. Tapi tak perlu takut, sebab sudah terlindungi dengan i-Activesense, Sudah ada Mazda Radar Cruise Control dengan Stop & Go, Rear Cross Traffic Alert, Lane Departure Warning and Lane Keep Assist. Mempermudah akses bagasi sudah ada power liftgate.

Kenyamanan maksimal di baris penumpang, terdapat pengingat penggunaan sabuk pengaman. (Foto: Mazda)

Saat berada di kokpit, akan disapa tatanan kabin yang hangat. Mazda CX-90 hadirkan bantuan pengendara agar lebih waspada ketika melaju. Dibantu oleh 360 derajat  View Monitor with See-through View, dan dengan penempatan layar infotainment dan panel instrumen. Di tengah dasbor disematkan layar 12,3 inci, tersedia juga ukuran standar 10,5 inci.

Tepat di depan pengendara ada Active Driving Display, diyakini layar terbesar yang pernah dihadirkan Mazda. Mempermudah pengendara mengetahui data kendaraan dan tetap bisa fokus ke jalan raya. Aplikasi MyMazda yang sudah diperkenalkan sejak 3 tahun lalu masih tetap diandalkan di Mazda CX-90 sebagai Mazda Connected Service.

Kenyamanan pengendara lainnya adalah adanya wireless charging pad, mempermudah pengisian ulang baterai ponsel tanpa harus ribet mencari kabel. Telinga dimanjakan oleh tatanan audio lansiran Bose, disisipkan 12 speaker yang disebar di sudut Mazda CX-90.

Pilihan mode berkendara Mazda CX-90. (Foto: Mazda)

Saat berkendara, dibantu oleh Mazda Intelligent Drive Select (Mi-Drive). Bisa memilih sesuai dengan kondisi jalanan yakni Normal, Sport, Off-rad, dan Towing. Setiap mode didesain untuk mengoptimalkan pengendaraan dan respon ketika melaju. 

Bahkan diklaim bisa selincah Mazda MX-5/Miata, sebab disematkan teknologi Kinematic Posture Control (KPC), memastikan kendaraan melaju dinamis tanpa timbul gejala limbung. Secara pintar pula memonitor laju kendaraan dan active braking. Hasilnya kemudi kian baik dan kemampuan menikung juga mantap tanpa mengorbankan kenyamanan.

Baca juga: Toyota C-HR hybrid dan plug-in hybrid akan Produksi di Turki

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi