Lamborghini Invencible Coupe dan Autentica roadster Penanda Perpisahan Era Mesin V12
Reporter: Tempo.co
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 8 Februari 2023 08:49 WIB
Lamborghini Invencible Coupe dibuat khusus satu unit sesuai permintaan konsumen. (Foto: Lamborghini)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaJelang peluncuran supercar perdana Lamborghini model hybrid, manufaktur asal Sant ‘Agata ini melansir hanya dua unit mobil khusus bermesin V12. Invencible coupe dan Autentica roadster ini diyakini sebagai puncak eksklusivitas personalisasi Lamborghini, melibatkan konsumen sejak dari awal yang tak ada tandingannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Stephan Winkelmann, Automobili Lamborghini Chairman and CEO mengatakan bahwa mesin V12 merupakan bagian dari pilar sejarah kesuksesan Lamborghini.

“Mesin V12 menjadi catatan penting sejarah kami dan juga penanda kesuksesan kami,” ujar Stephan Winkelmann.

Lamborghini Auténtica roadster hanya dibuat satu unit. (Foto: Lamborghini)

“Menjelang era baru serba hibrid sebagai strategi penting Car Tauri kami, ini adalah cara Lamborghini merayakan mesin V12 murni dengan dua unit saja yang merepresentasikan secara sempurna konsep kami dalam hal personalisasi,” ujar dia.

Dua supercar yang masing-masing hanya dibuat satu unit ini hasil sentuhan Lamborghini Centro Stile yang menampilkan kreativitas maksimum menggunakan platform V12. Merefleksikan ciri desain yang berkontribusi secara signifikan Lamborghini, sekaligus menonjolkan karakter sporting dari lintasan balap.

Invencible dan Auténtica merupakan penghormatan terhadap desain Lamborghini tanpa tanding: Sesto Elemento, menjadi kiblatnya serba ringan dan karakter motorsport dengan tampilan sayap besar di buritan. Reventon dengan gaya aeronautical, dan juga Veneno, yang menjadi inti dari kesempurnaan aerodinamika yang ekstrem.

Lamborghini Invencible Coupe hasil karya dari Lamborghini Centro Stile. (Foto: Lamborghini)

“Kami telah hadirkan sepasang mobil dengan karakter unik, terinspirasi dari track day dan suasana sirkuit yang serba beroktan tinggi,” ujar Mitja Borkert, Automobili Lamborghini Head of Design.

“Keduanya didesain oleh Lamborghini Centro Stile, menampilkan kreativitas maksimal gunakan platform supercar V12. Desain tanpa tanding ini menjadi unik DNA desain sekaligus menampilkan sejarah desain kami ke level terbaru,” tambah dia.

Lamborghini Autentica Coupe ditata resik dan minim instrumen. (Foto: Lamborghini)

Kedua mobil ini berbagi struktur monokok serat karbon dari Aventador yang diproduksi di Sant’ Agata Bolognese, sekaligus dengan tampilan bodi serba karbon yang menjadi kesuksesan Lamborghini di dunia balapan. Kap depan seperti Essenza SCV12 dan kisi-kisinya seperti Sesto Elemento. Dipandu running light LED berbentuk heksagonal. Bagian knalpot berujung tiga dengan bahan Inconel, merupakan material steel alloy yang biasa digunakan untuk pesawat luar angkasa.

Interior supercar Invencible dan Auténtica ditata rapi dengan minimalis dasbor, ventilasi dibuat unik heksagonal 3D-print dan tak ada instrumen di konsol. Menunjukkan minimalisir bobot dari kabin dan fokus untuk berkendara lebih menyenangkan. Kokpit serba serat karbon, disematkan grafis digital di tiap mobil.

Lamborghini Autentica roadster selesaikan era mesin V12 jelang versi hibrid. (Foto: Lamborghini)

Supercar Invencible dan Autentica gunakan mesin V12 berkapasitas 6.500 cc yang dipasang longitudinal di bagian belakang atau bernama khusus Longitudinale Posteriore: ‘LP’, sebelum transisi ke era hibrid. Tenaganya dicatatkan 780 hp dan torsi 720 Nm yang bermain di putaran mesin 6.750 rpm. Transmisinya dipasangkan 7 percepatan ISR, gerak empat roda, dan sistem Lamborghini Dynamic Steering.

Baca juga: Caterham Super Seven 600 dan Super Seven 2000 Hidupkan Lagi Mobil Retro

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi