Formula E Junior: ACE Championship Bakal Hadir pada 2024
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Minggu, 12 Februari 2023 15:00 WIB
ACE Championship bakal hadir pada musim 2024. (Foto: Racer.com)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaFormula E Hyderabad e-Prix 2023 telah mengonfirmasi bakal meluncurkan seri balapan baru, ACE Championship pada musim 2024 mendatang. Ajang balap mobil listrik junior ini sengaja dihadirkan untuk memberikan lebih banyak peluang bagi pembalap pemula.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Proyek ini dipimpin oleh mantan CEO Mahindra Racing yang juga pendiri ACE Group, Dilbagh Gill. Nantinya balap mobil listrik ini bakal dibagi menjadi dua level, yakni kejuaraan balapan dan seri Challenger level awal.

“Ini akan menjadi kejuaraan pertama di dunia di mana satu mobil balap dapat bersaing di dua kejuaraan berbeda. Setiap tim dapat memiliki dua pembalap berbeda di seri ACE Championship dan ACE Challenger, mengendarai mobil yang sama, tetapi dengan dua tingkat tenaga yang berbeda,” kata dia, dikutip Tempo.co dari situs Autocar India.

“ACE Championship adalah tentang inovasi dalam motorsport dan tentang peluang. Kami melihat ACE Championship untuk memberikan representasi kepada orang-orang yang tertarik mengemudi dan insinyur yang belum memiliki kesempatan untuk naik level,” tambah dia.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa ACE Championship bertujuan untuk menyediakan teknologi, peluang dan platform unggul. Menurut Gill, pihaknya bakal menyediakan jalur bagi pembalap dengan biaya yang rendah, namun berperforma tinggi.

Ajang balap mobil listrik tersebut kemungkinan bakal menggunakan mobil balap Formula E Gen 2 yang akan dikembangkan. Mobil balap ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 250 kW atau 340 hp.

Sementara itu pendiri Greenko dan ACE Group, Anil Chalamalasetty menjelaskan bahwa pihaknya bangga mendukung gelaran ACE Championship ini. Ia percaya pada inovasi yang membuat perbedaan positif bagi masyarakat.

“Ada banyak sinergi dengan teknologi yang sedang dikembangkan dalam perusahaan ACE Group lainnya, yang akan dibagikan dan diasimilasi untuk menjadikan ini program,m ‘Road to Race’ dan ‘Race to Road’ yang sebenarnya,” ujar dia.

Nantinya ACE Championship akan mengusung format regional dan diselenggarakan di sirkuit regional di seluruh benua. Pihak penyelenggara mengklaim bahwa sudah ada beberapa tim yang menunjukkan minatnya untuk mengikuti balap mobil ini.

Pilihan Editor: Formula E India 2023: Kemenangan Perdana Jean-Eric Vergne Musim Ini

AUTOCAR INDIA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi