Bentley Mulliner Batur Terbatas 18 unit Gunakan Mesin W12 Terkuat
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 22 Februari 2023 21:12 WIB
Salah satu nama gunung di Bali akan menjadi penutup generasi mesin bensin W12 terkuat yang pernah dibuat oleh Bentley. Manufaktur asal Crewe ini akan membuat Bentley Batur sebanyak 18 unit. (Foto: Bentley)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaSalah satu nama gunung di Bali akan menjadi penutup generasi mesin bensin W12 terkuat yang pernah dibuat oleh Bentley. Manufaktur asal Crewe ini akan membuat Bentley Mulliner Batur sebanyak 18 unit mengandalkan mesin W12, bahkan sebelum diproduksi sudah habis terpesan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mesin W12 standar 650 hp dibuat menjadi 740 hp dan torsinya hingga 1.000 Nm, menjadikan dapur pacu terkuat yang pernah dibuat oleh Bentley melibatkan spesialis Mulliner. Di bawah arahan Mulliner Chief Technical Officer, Paul Williams yang sebelumnya juga memimpin pengembangan mesin W12 generasi kedua.

Apa yang membuat mesin W12 tersebut kian dahsyat adalah kompresor turbocharger telah didesain ulang untuk meningkatkan efisiensi, sedangkan air duct dibuat lebih lebar hingga 33 persen untuk mengoptimalkan pendinginan dan juga aerodinamika. Selain itu charge-air cooler juga lebih lebar, posisi juga lebih turun 10 mm untuk meningkatkan geometri, menghilangkan 35 persen panas dari tekanan udara, mereduksi temperatur di ruang intake sehingga bisa meningkatkan tenaga.

Mesin W12 standar 650 hp dibuat menjadi 740 hp dan torsinya hingga 1.000 Nm, menjadikan dapur pacu terkuat yang pernah dibuat oleh Bentley melibatkan spesialis, Mulliner. (Foto: Bentley)

Lubang intake dan sistem turbocharger terbaru sudah disempurnakan dengan melakukan kalibrasi pada mesin dan juga menghadirkan torsi lebih cepat. Tak ketinggalan melakukan kalibrasi di transmisi agar bisa lebih responsif sajikan tenaga ke rodanya.

Mesin W12 memang sudah diperkenalkan sejak tahun 2002, namun berkat kemampuan para ahli membuat mesin ini lebih ringkas 24 persen dari V12, sehingga bisa memaksimalkan ruang kabin. adapun mesin W12 generasi kedua diperkenalkan pada tahun 2015 di Bentley Bentayga. Penyempurnaan dilakukan seperti memperkuat hingga 30 persen crankcase dari pendahulunya. 

Permukaan silinder juga diberikan pelapis agar lebih kuat dan tahan terhadap gesekan serta tahan terhadap korosi. Pelapis low-alloy steel juga digunakan di ruang silinder menerapkan Atmospheric Plasma Spray (APS).

Penyempurnaan lain di mesin Bentley Batur adalah memaksimalkan pendinginan mesin, dengan diterapkannya sirkuit pendingin terpisah. Sistem pendinginan pertama adalah membuat kepala silinder tetap stabil temperaturnya. Pendinginan kedua adalah di blok mesin dan jalur oli, sedangkan yang ketiga memastikan suhu di turbocharger.

Gunung Batur di Bali menjadi inspirasi nama untuk Bentley Mulliner Batur. (Foto: Bentley)

Tekanan injeksi mencapai 200 bar dengan low-pressure port injection (6 bar). Kombinasi dua sistem ini bisa semakin menekan kadar emisi gas buang dan tetap hadirkan tenaga dan torsi sesuai keinginan.

Didukung pula oleh twin-scroll turbocharger meminimalisir respon turbo dan menyajikan paket pipa gas buang lebih efisien. knalpot didesain dengan masing-masing tiga untuk silinder depan dan tiga untuk silinder belakang.

Agar lebih efisien Bentley Batur melaju digunakan Bentley Variable Displacement yang bisa mematikan sebagian mesin saat kondisi tertentu. Katup intake dan exhaust, injeksi, dan pengapian bisa dihentikan sehingga hanya menyalakan enam silinder saja. Sistem akan aktif saat berjalan konstan di transmisi tiga hingga delapan, di bawah 3.000 rpm dan torsinya hanya di 300 Nm.

Baca juga: Bentley Motors Buka Lowongan 200 Ahli Mobil Listrik, Target Wujudkan Beyond100

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi