AC Cobra GT Roadster, Modern Klasik Senilai Rp 5 Miliar
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 6 Maret 2023 12:00 WIB
AC Cobra GT Roadster hadirkan mesin besin V8. (Foto: AC Cars)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaAC Cars sebagai manufaktur tertua di Inggris yang telah memulai bisnisnya sejak tahun 1901 mengabarkan tengah menyiapkan unit terbaru AC Cobra GT Roadster. Sedianya sport car tersebut akan diperkenalkan pada bulan April 2023 di depan publik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mengusung namanya sebagai produsen mobil kencang, AC Cobra GT Roadster, tetap dikemas dengan desain klasik-retro eksklusif digabungkan teknologi terkini dalam hal performa.

Meski jamannya sudah menganut kombinasi elektrifikasi, namun AC Cobra GT Roadster masih pamerkan ketukan mesin bensin V8 dengan suguhan tenaga mencapai 654 hp, melesatkan mobil ringan dari material aluminium yang dikembangkan khusus untuk mobil.

AC Cobra GT Roadster dihadirkan dengan kemas gaya lama tapi sodorkan teknologi terkini. (AC Cars)

Sasis diklaim kokoh dan ringan, berkat konstruksi baru ini memungkinkan menata geometri suspensi lebih optimal dan distribusi bobot lebih baik. Didukung oleh engineering dari disiplin balap, menghadirkan murni sport car dengan klaim pengendalian dan performa fenomenal.

Desainer kelas dunia dipercayakan untuk merancang AC Cobra GT Roadster ini. bodywork eksterior dan tatanan interior di AC Cobra terbaru ini kian modern tapi mempertahankan aesthetic tak lekang waktu, dan digabungkan dengan beberapa material dan teknologi terbaru.

Tatanan interior termasuk elemen unik yang melibatkan para tangan terampil, yang belum pernah diterapkan sebelumnya di dunia otomotif, tampilan layar kokpit gunakan layar Digital Glass. Kenyamanan berkendara masih tetap disajikan berkat sasis terbaru ini.

Detal pertama sempat dilihatkan oleh AC Cobra pada Desember 2022, mobil sangat terbatas produksinya dan perlu segera ditangani untuk pemesan pertama yang dikirim awal tahun 2024.

“Mengembangkan dan menghadirkan mobil yang layak menyandang nama AC Cobra bukanlah tugas yang mudah, tetapi saya senang dan sangat bangga dengan apa yang telah kami capai. Ini adalah mobil sport yang tiada duanya, dan kami telah mempekerjakan beberapa desainer dan ahli mesin terkemuka di industri untuk membuat mobil luar biasa yang sangat indah serta luar biasa cepat dan luar biasa untuk dikendarai,” ujar David Conza, Chief Executive Officer AC Cars.

AC Cobra GT Roadster libatkan desainer dan ahli mesin terbaik. (Foto: AC Cars)

Perihal harganya, cukup mengejutkan dan memang untuk para kolektor, tembus di angka £285.000 atau setara Rp 5,2 miliar per unit. Wajar saja, untuk sasis melibatkan Cecomp s.p.a yang berbasis di Italia, menjadikan mobil dua tempat duduk ini terdepan dalam hal kedinamisan dan pengendaraan. Sangat ringan dan kaku,

AC Cobra menjanjikan bahwa sasisnya sudah mampu menahan performa besar dari mesin V8, pengendalian dan suspensi lebih lincah. Perihal jarak sumbu rodanya disajikan 2.570 mm, lebih panjang 284 mm dari AC Cobra Mk. VI. Total panjang kendaraan bertambah dari versi sebelumnya sebanyak 110 mm menjadi 4.225 mm. Pijak ban juga lebih lebar untuk meningkatkan distribusi bobot dan berdampak pada pengendalian.

Mesin V8 yang ditanamkan di sasis sajikan tenaga 654 hp dan torsi 780 Nm dengan pilihan transmisi manual 6 percepatan atau 10 percepatan otomatis dengan bobot kendaraan hanya 1.500 kg. Hal ini membuat akselerasi 0-96 kpj bisa diraih 3,4 detik.

Pilihan Editor: Aston Martin DBX707 Jadi Official FIA Medical Car Formula 1

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi