Mercedes-Benz AG Tunjuk Inchcape dan Indomobil Pegang Operasional di Indonesia
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 31 Maret 2023 16:16 WIB
Mercedes-Benz AG mengabarkan bahwa mitra baru tersebut adalah Inchcape Motors Private Limited (Inchcape) dan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (Indomobil). Bertanggung jawab terhadap operasional di Indonesia. (Foto: Mercedes-Benz)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaOperasional kendaraan penumpang Mercedes-Benz di Indonesia di bawah bendera PT Mercedes Benz Indonesia dan  PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, akan berakhir dalam beberapa bulan ke depan. Sedianya akan dipegang oleh dua mitra lokal yang dipercaya Mercedes-Benz AG.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mercedes-Benz AG mengabarkan bahwa mitra baru tersebut adalah Inchcape Motors Private Limited (Inchcape) dan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (Indomobil). Diharapkan dapat mengembangkan bisnis Mercedes-Benz di Indonesia lebih lanjut dengan menggandeng rekanan bisnis yang berpengalaman di bidang otomotif, dan pengalihan entitas produsen kendaraan Mercedes-Benz di Indonesia serta distributor kendaraan Mercedes-Benz di Indonesia adalah sejalan dengan kebijakan dan peraturan pemerintah yang berlaku. 

Melalui rilis yang diterima redaksi, 31 Maret bahwa, Mercedes-Benz AG, Inchcape dan Indomobil telah menandatangani perjanjian terkait jual-beli pabrik dan distributor Mercedes-Benz Indonesia. 

Mercedes-Benz bersama dengan Inchcape dan Indomobil, sebagai pemilik baru, akan memastikan keberlanjutan bisnis Mercedes-Benz di Indonesia dalam segala aspek, dengan tujuan memberikan keamanan jangka panjang dan transparansi tingkat tinggi bagi seluruh pemangku kepentingannya: 

  1. Proses produksi pada pabrik yang berlokasi di Wanaherang, Bogor akan terus berjalan tanpa gangguan; 
  2. Seluruh karyawan akan tetap bekerja dan diberi kesempatan untuk bekerja di perusahaannya saat ini di bawah kepemilikan baru; 
  3. Seluruh kebijakan terkait kepegawaian akan tetap sama dan patuh pada peraturan yang berlaku; 
  4. Dan, juga seluruh pelanggan Mercedes-Benz di Indonesia akan terus mendapatkan produk dan layanan dengan kualitas terbaik 
  5. Mercedes-Benz juga akan mendirikan sebuah perusahaan baru yang 100% dimiliki oleh Mercedes-Benz, untuk mendukung dan mengarahkan pemilik baru.

Transaksi ini mencakup pengalihan 100% kepemilikan Mercedes-Benz AG di Indonesia, di mana Inchcape mengambil alih 70% dan Indomobil 30%. Transaksi ini akan mengembangkan kerjasama antara Inchcape dan Indomobil, secara berkelanjutan membangun kehadirannya di Indonesia.

Matthias Lührs, Head of Region Overseas Mercedes-Benz Cars, mengatakan, “Kami melakukan restrukturasi pada bisnis kami, dengan tujuan menguatkan posisi kami di pasar Indonesia, serta untuk senantiasa berkembang dengan menggandeng rekanan berskala internasional yang kuat serta rekanan lokal berpengalaman bersama Inchcape dan Indomobil.”

Dirinya menegaskan bahwa seluruh kepegawaian akan tetap berjalan sebagaimana adanya saat ini, dan pelanggan akan terus dilayani. “Kami percaya dengan potensi yang sangat besar di pasar Indonesia, dan maka dari itu kami senang dapat bekerja sama dengan rekanan yang dapat diandalkan untuk kelanjutan bisnis kami. Kami melihat kembali pengalaman kami bekerja sama dengan Inchcape, rekanan yang kuat dan kompeten, dan kami bersemangat untuk memperdalam kerja sama yang telah terjalin dengan langkah penting ini.”

Ruslan Kinebas, Inchcape’s APAC CEO, mengatakan, “Kami sangat senang untuk mengembangkan sayap kami di Indonesia dengan pengalihan kegiatan usaha Mercedes-Benz Indonesia ke usaha patungan kami dengan Indomobil, yang mana dengan Indomobil kami telah memiliki kerjasama distribusi yang kuat di Indonesia. Kami menantikan pengembangan lebih jauh dari bisnis Mercedes-Benz dengan menggabungkan pengetahuan lokal dan kapabilitas digital dan data kami. Pengembangan ini merupakan bukti dari Inchcape sebagai rekanan pilihan Mercedes-Benz, sebagai upaya optimalisasi kinerja global mereka.”

Jusak Kertowidjojo, Direktur Utama Indomobil, menambahkan, “Kami sangat percaya dengan keterlibatan kami sebagai entitas lokal yang kuat dalam kerja sama dengan entitas otomotif global, Inchcape, Mercedes-Benz dapat terus berkembang di Indonesia dan mendukung pemerintahan Republik Indonesia dalam mengembangkan industri otomotif di Indonesia ke depannya.”

Pilihan Editor: BMW Indonesia Perkenalkan 3 Mobil Performa Tinggi

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi