Kualifikasi F1 Australia 2023 : Raih Pole Position, Max Verstappen Dibayangi 2 Pembalap Mercedes
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 2 April 2023 03:35 WIB
Max Verstappen usai raih pole position F1 Australia 2023. (Foto: Red Bull Racing)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMax Verstappen berhasil bukukan waktu tercepat di sesi kualifikasi F1 Australia 2023 pada hari Sabtu, 1 April 2023. Pembalap andalan Red Bull Racing ini bukukan waktu 1:16,732 detik. Dirinya berhak atas pole position, akan start dari posisi terdepan pada hari Minggu, 2 April.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Posisi kedua dan ketiga ada pembalap Mercedes yang siap mengambil kesempatan selepas start di sirkuit Albert Park yakni George Russell dan Lewis Hamilton. Adapun Russell bukukan waktu 1:16,968 detik dan Hamilton di torehkan waktu 1:17,104 detik. Sementara itu Fernando Alonso yang digadang-gadang bakal mengisi baris terdepan, hanya berada di posisi empat, catatkan waktu 1:17,139 detik.

Max Verstappen saat sesi kualifikasi F1 Australia 2023. (Foto: Red Bull Racing)

Max Verstappen mengatakan usai kualifikasi, “Putaran terakhir hasilnya bagus. Sepanjang pekan ini sangat sulit dilalui agar ban bisa mendapat cengkeraman agar bisa lebih kencang. Tapi semuanya bisa berhasil saat Q3.”

Meski ada dua pembalap Mercedes di belakang, pembalap asal Belanda ini sangat yakin tim siapkan RB23 performa terbaik. “Senang akhirnya bisa pole position. Balapan nanti kita akan punya mobil balap yang bagus dan tentunya akan menjadi balapan menarik,” yakin Max Verstappen.

Sementara itu George Russell cukup terkejut Mercedes-AMG W14 bisa tampil bagus di sesi kualifikasi. “Mobil seperti hidup kembali dan kita tak menduga sama sekali. Bukukan catatan waktu saat akhir benar-benar limit mobil. Sedikit kecewa kita tidak bisa meraih pole position. Karena itulah yang paling diharapkan dari balapan ini,” ujar George Russell.

Hasil kualifikasi F1 Australia 2023, Max Verstappen (tengah) raih Pole Position, George Russell (kiri) raih posisi dua, Lewis Hamilton (kanan) berada di posisi tiga. (Foto: Red Bull Racing)

“Ekspektasinya berubah drastis: tentunya senang dengan pencapaian lima besar sebelumnya, tapi kali ini mobil sangat luar biasa. Ini menunjukkan bahwa potensinya kian kelihatan. Banyak kerja keras yang dilakukan di fasilitas Brackley dan di Melbourne. Senang untuk balapan nanti - tentunya akan sulit melawan Max, tapi kita senang bisa berada di baris posisi 2,” jelas George Russell.

Terkejut dengan hasil performa Mercedes-AMG W14 juga dialami Lewis Hamilton. “Ini benar-benar hasil yang tak diduga dan senang untuk posisi 3. Lap kedua tidak terlalu bagus seperti kali pertama. Saya kehilangan sedikit waktu di sektor terakhir, tapi kehilangan sedikit waktu di awal lap,” ujar dia.

Lewis Hamilton menyatakan bahwa tak kecewa dengan posisi saat ini karena di luar dugaan. “Saya akan bekerja keras untuk bisa kembali di depan, untuk bisa sedekat ini dengan Red Bull merupakan hasil luar biasa. Berharap balapan nanti kita bisa menandinginya. Begitu juga cuaca akan bagus.” yakin Lewis Hamilton.

Pilihan Editor: Valtteri Bottas Pamer Helm Bertema Aborigin

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi