Mudik Lebaran 2023: Contraflow Tol Semarang - Solo KM 427 Diberlakukan
Reporter: Tempo.co
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 20 April 2023 20:17 WIB
Kepadatan arus mudik Lebaran 2023 di Tol Ungaran arah Solo pada Kamis, 20 April 2023. FOTO: TEMPO/Martha Warta Silaban
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Mengantisipasi kemacetan kendaraan saat arus mudik Lebaran 2023 di jalan tol Semarang - Solo, contraflow diberlakukan pada pukul 16.45 di kilometer 427 hingga kilometer 430, Kamis, 20 April 2023. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Hingga kepadatan kendaraan kembali terurai," kata Kepala Kepolisian Resor Semarang AKBP Achmad Oka Mahendra di Posko Mudik Rest Area 429. 

Ia mengatakan situasi lalu lintas sore ini tidak sepadat kemarin malam. "Kendaraan yang terlihat antre karena pemudik ingin mengisi bahan bakar," kata Oka. 

Pantauan Tempo, antrean panjang kendaraan  dari pintu masuk di rest Area 429, hingga menuju SPBU. Sejumlah petugas mengawasi pergerakan kendaraan dari berbagai kesatuan, termasuk Brimob, Polwan, TNI dan Jasa Marga. 

Kondisi padat merayap tampak dari kilometer 424. Beberapa kendaraan tampak berhenti di bahu jalan, salah satunya ada yang mogok di  jalan yang mendaki di jalur tol ini. 

Di Posko Kesehatan, dokter Yeti Rohaeti mengatakan hari ini ada 9 orang yang berobat. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan kemarin. "Salah seorang pasien dirujuk ke RS Ungaran," kata Yeti. 

Sebelumnya diberitakan berdasarkan pantauan tim Laporan Mudik Tempo yang melintas di Tol Kalikangkung-Banyumanik-Solo, Rabu malam, 19 April 2023, kemacetan di jalur ini bahkan lebih parah dibanding kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek. 

Penyebab utama kemacetan di jalur ini adalah kontur jalan tol dengan tanjakan terjal dan turunan curam, terutama di jalur antara Tol Banyumanik hingga Bawen. Tim Laporan Mudik Tempo melintas di jalur ini pada pukul 20.00 WIB dan memerlukan waktu hingga 3,5 jam untuk sampai di pintu tol Colomadu. 

Petugas berusaha untuk mengurai kepadatan lalu lintas di jalur ini dengan memperpanjang sistem one way (satu arah) dari Kalikangkung (KM 414) hingga Bawen di KM 442. Sistem ini terbukti dapat mengurai kepadatan hingga menjelang KM 442. Namun demikian, di KM 442 hanya tersedia pintu masuk yang muat satu mobil untuk kembali ke jalur reguler. 

Martha Warta Silaban | Wawan Priyanto

Pilihan Editor: Arus Mudik Tol Banyumanik - Bawen Mulai Padat, Beberapa Mobil Pemudik Lebaran Mogok

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi