F1 Baku 2023: Format Baru, Charles Leclerc Pegang Pole Position Hari Minggu
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 29 April 2023 13:53 WIB
Charles Leclerc kembali dominasi pole position di F1 Azerbaijan 2023. (Foto: Scuderia Ferrari)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaTim Formula 1 Scuderia Ferrari sepertinya tak ada lawan ketika memijakkan kaki di sirkuit Baku. Di sesi kualifikasi, Jumat, 28 April 2023, Charles Leclerc akan start dari pole position untuk ketiga kalinya. Pembalap Monaco ini torehkan waktu 1:40,203 detik, dibayangi dua pembalap Red Bull Racing yakni Max Verstappen dan Sergio Perez di posisi dua dan tiga.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sementara itu rekan setim Charles Leclerc yakni Carlos Sainz Jr., berada di posisi empat tercepat dengan catatan waktu 1:41,016 detik diintip pembalap Mercedes Lewis Hamilton di posisi lima.

Charles Leclerc F1 Azerbaijan 2023. (Foto: Scuderia Ferrari)

“Senang bisa kembali berada di pole position dan hal yang tidak kita duga bisa kejadian di sini. Tim lakukan hal yang sempurna untuk menunjukkan kemampuan di sesi latihan dan senang dengan catatan waktu ini,” ujar Charles Leclerc.

Pembalap yang melesatkan mobil bernomor #16 menegaskan bahwa mampu bisa kuasai garis start untuk balapan F1 Baku 2023 pada hari Minggu nanti, 30 April. “Kami berharap bisa bertahan dari gempuran kompetitor. Tapi kami akan kerahkan segalanya dan berharap bisa terdepan saat Sprint Shootout nanti,” ujar Leclerc.

Sebagai informasi, format sesi Sprint Shootout baru diterapkan di F1 Baku 2023. Setiap pembalap akan ditantang untuk menentukan posisinya di Sprint Race gunakan ban kompon medium. 

Sebagai versi singkat dari sesi kualifikasi digelar Sabtu pagi. Adapun terbagi dalam 12 menit untuk memilah lima mobil paling lamban. Kemudian dilanjutkan lagi untuk sesi 10 menit untuk mengeliminasi lima mobil terlambat lagi. Sesi akhir adalah 8 menit, sekitar 10 pembalap tercepat akan menentukan garis startnya untuk Sprint Race.

Pilihan Editor: Brembo Tingkatkan Pengereman Formula 1 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi