KTM 890 SMT Agresif Tapi Tetap Terkontrol
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 29 April 2023 19:31 WIB
KTM 890 SMT hadirkan tenaga hingga 105 hp. (Foto: KTM)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaKTM 890 SMT kembali menggoda untuk para penggemar motor model supermoto. Kali ini menggunakan platform motor kencang yakni KTM 890 LC8c yang dihadirkan untuk suguhkan kelas supermoto dengan limpahan tenaga dan juga rasio torsi dan bobot melimpah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Manufaktur asal Austria ini mengemas KTM 890 SMT sebagai motor jalan raya dengan sasis tubular, suspensi mudah untuk disetel. Imbangi performa yang kian membuncah, cengkeraman ban dipilih ban terbaik dan juga sistem pengereman. 

Komponen juga ditingkatkan daya tahannya memadukan KTM adventure dan juga KTM Street. Sehingga cocok ketika menerabas tanah lumpur dan tak sungkan untuk lanjutkan naik ke aspal.

Membicarakan performa mesin yang disuguhkan di KTM 890 SMT adalah parallel twin berkapasitas 889 cc LC8c yang diklaim tenaganya mencapai 105 hp pada 8.000 rpm dan torsi 100 Nm. Mesin yang tak berbeda jauh dengan KTM 890 Adventure R, namun ada peningkatan bobot putaran mesin hingga 20 persen, menjanjikan kestabilan ketika masuk tikungan. Pengendalian tetap lincah meski tinggi jok 860 mm.

KTM 890 SMT hadirkan TFT 5 inci. (Foto: KTM)

KTM 890 SMT sebagai motor yang agresif, diimbangi suspensi WP Apex berdiameter 43 mm berjarak main 180 mm model upside down. Pelek ukuran 17 inci dibalut ban Michelin PowerGP. Layar TFT 5 inci memantau kondisi motor dan mudah terlihat dan anti gores.

Nafas tetap panjang berkat penggunaan suplai bahan bakar Dell’Orto throttle body, terbilang efisien di kelasnya, diklaim 21,7 kpl. KTM 890 SMT tetap menyenangkan ketika dioptimalkan di putaran bawah meski berada di posisi gigi tinggi. Tangki bahan bakar memuat 15,8 liter memungkinkan untuk menempuh jarak hingga 340 km.

Ada tiga mode berkendara yang bisa dipilih saat mengendarai KTM 890 SMT yakni Rain, Street, dan Sport. Ada pula pilihan setelah Track yang memungkinkan pengendara bisa menentukan sentakan mesin melalui 10 level. Adanya fitur pendukung menikung Motorcycle Traction Control (MTC) sangat penting disematkan ketika motor diajak rebah.

KTM 890 SMT gunakan basis motor kencang dari KTM. (Foto: KTM)

Sistem pengereman supermoto gunakan cakram 320 mm diapit kaliper empat piston dan 260 mm dikawal dua piston kaliper. Dibantu fitur Cornering ABS dan Supermoto ABS menjadikan KTM 890 SMT sebagai tunggangan yang aman. Motor Slip Regulation dan Quickshifter+ serta Cruise Control menjadi pilihan tambahan.

Pilihan Editor: Brabus 1300 R Edition 23 Diproduksi Terbatas 290 Unit

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi