Isuzu Gandeng Honda Kembangkan Bahan Bakar Sel Buat Truk
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 17 Mei 2023 09:00 WIB
Honda pasok baterai dan sistem hidrogen ke Isuzu Giga Fuel Cell. (Foto: Isuzu)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Isuzu Motors Limited dan Honda Motor Co., Ltd. mengumumkan kesepakatan perjanjian kemitraan untuk mengembangkan dan memasok sistem fuel cell untuk kendaraan berat bertenaga fuel cell truk Isuzu. Rencananya mobil pengangkut barang tersebut bakal diperkenalkan ke pasar pada tahun 2027.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Isuzu dan Honda percaya bahwa teknologi fuel cell, memanfaatkan hidrogen sebagai bahan bakar sehingga tidak menghasilkan emisi CO2, akan efektif untuk mencapai netralitas karbon truk heavy-duty yang diperlukan untuk menangani kapasitas muatan besar, penggunaan jangka panjang, mengemudi jarak jauh dan kebutuhan untuk pengisian bahan bakar cepat.

Sejak penandatanganan perjanjian pada Januari 2020 lalu, telah dilakukan penelitian bersama pada truk heavy-duty yang menggunakan fuel cell (FC) sebagai powertrain, kedua perusahaan telah bekerja menuju pembentukan landasan untuk teknologi dasar seperti memastikan kompatibilitas sel bahan bakar dan truk tugas berat dan pengembangan teknologi kontrol kendaraan.

Kedua perusahaan saat ini berencana untuk memulai pengujian demonstrasi truk prototipe di jalan umum sebelum akhir tahun fiskal saat ini atau tepatnya pada 31 Maret 2024. Dengan sepenuhnya memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian bersama, kedua perusahaan akan terus membuat kemajuan dalam pengembangan produk yang memenuhi kinerja dan kondisi yang diperlukan untuk truk heavy-duty dan memuaskan pelanggan.

Ke depan, Isuzu dan Honda akan memanfaatkan kekuatan masing-masing perusahaan dan mempercepat pengembangan truk heavy-duty bertenaga fuel cell yang bersih, rendah kebisingan, dan getaran rendah. Hal ini akan berkontribusi pada peralihan ke arah penggunaan energi bersih oleh seluruh industri, termasuk bisnis logistik, dengan penggunaan energi hidrogen yang lebih proaktif, di mana kedua perusahaan akan berusaha untuk mencapai tujuan bersama yaitu terwujudnya masyarakat carbon neutral.

Pilihan Editor: Penjualan Mobil Niaga Isuzu Naik di Awal 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi