Nissan Kembangkan LIDAR untuk Menghindari Kecelakaan di Persimpangan
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 10 Juni 2023 11:14 WIB
Nissan Kembangkan Teknologi driver-assistance canggih berbasis LIDAR hindari tabrakan di persimpangan. (Foto: Nissan)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta -  Nissan mengawali Juni ini melakukan demonstrasi terbaru dari teknologi driver-assistance canggih berbasis LIDAR. Dalam pengembangannya, kini memiliki fitur penghindaran tabrakan di persimpangan. Demonstrasi diadakan di fasilitas Nissan untuk memamerkan kemampuan teknologi bermanuver otomatis menghindari tabrakan di persimpangan yang lebih kompleks.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Senior Vice President Takao Asami, Head of Nissan Research and Advanced Engineering Division, mengatakan, “Pengembangan teknologi ini dilakukan di bawah Nissan Ambition 2030, visi jangka panjang perusahaan.” 

Takao Asami menambahkan, “Kami berada di jalur untuk mengembangkan teknologi penghindaran tabrakan yang memanfaatkan teknologi LIDAR generasi terdepan pada pertengahan tahun 2020-an.” 

Melalui teknologi driver-assistance canggih berbasis LIDAR ini bertujuan mengembangkan teknologi mengemudi otonom masa depan yang dapat digunakan pelanggan dengan tenang, Nissan bekerja untuk sepenuhnya memahami seluruh rangkaian skenario kecelakaan dengan menganalisis kecelakaan kompleks yang terjadi di dunia nyata. “Upaya kami ditujukan untuk secara substansial meningkatkan penghindaran kecelakaan,” ujar Takao Asami.

Teknologi ini menampilkan control logic terbaru untuk penghindaran tabrakan di persimpangan berdasarkan teknologi persepsi kebenaran dasar yang memanfaatkan LIDAR generasi terbaru. Dapat mendeteksi kecepatan objek, lokasi, dan potensi risiko tabrakan dari arah lateral. Sistem ini dirancang untuk segera menanggapi perubahan situasi melalui langkah-langkah seperti penggunaan rem darurat atau melepaskan rem ketika potensi risiko telah dihindari.

Kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan pengemudi di persimpangan sayangnya dapat mengakibatkan konsekuensi yang signifikan. Oleh karena itu, sistem dalam pengembangan dirancang memberikan bantuan yang lebih baik dalam situasi sulit melalui kemampuan penginderaan dan pengambilan keputusan tingkat lanjut.

Pilihan Editor: Mercedes-Benz Bakal Luncurkan Mobil Otonom Level 3 Pertama di Dunia

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi