Simak Penyebab dan Cara Mengatasi Aki Mobil Tekor
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 27 Juni 2023 13:00 WIB
Ilustrasi accu mobil. Sumber: suzuki.co.id
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Aki mobil tekor merupakan tanda bahwa tidak ada aliran listrik ke seluruh komponen kelistrikan mobil atau komponen yang perlu dialiri listrik. Alhasil, mobil akan sulit dinyalakan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Biasanya, aki mobil yang tekor bisa ditandai dengan susah hidup waktu pagi hari. Aki yang bermasalah tentu dapat mengganggu perjalanan dan membuat mobil tidak dapat berjalan dengan baik.

Lalu, bagaimana jika aki mobil Anda mengalami tekor? berikut penyebab serta cara mengatasinya dikutip dari wuling.id.

Penyebab Aki Soak

1. Pengisian air aki yang tidak benar

Pengisian air aki mobil yang tidak benar, seperti terlalu banyak atau terlalu sedikit, dapat membuat kinerja aki terganggu. Jika terlalu banyak, maka aki akan menjadi terlalu encer dan bisa merusak komponen dalam aki begitu pula sebaliknya.

2. Kabel aki yang longgar atau rusak

Kabel aki yang longgar atau rusak dapat menghambat aliran listrik ke dan dari aki. Akibatnya, aki akan bekerja dengan kurang efektif dan bisa menyebabkan aki menjadi bermasalah.

3. Penggunaan aki yang sudah tua atau rusak

Aki mobil yang sudah tua atau rusak akan sulit untuk mempertahankan muatan listrik yang cukup untuk menjalankan mesin mobil. Hal ini akan membuat aki bekerja secara berlebihan dan akhirnya menjadi rusak.

Cara Mengatasi Aki Mobil Tekor

1. Jumper aki (jump start)

Hal yang paling mudah sebagai cara servis aki mobil tekor adalah dengan melakukan jumper aki atau jump start. Caranya adalah dengan menggunakan kabel jumper atau kabel penghubung antara aki mobil yang baik dengan aki mobil yang tekor.

Setelah itu, nyalakan mesin mobil yang baik dan biarkan mesin tersebut menyala selama beberapa menit.

2. Cek aki secara berkala

Cara mengatasi aki mobil tekor lainnya adalah dengan selalu melakukan cek aki secara berkala. Hal ini bertujuan memastikan bahwa kondisi aki selalu dalam keadaan baik dan tidak cepat soak.

3. Hindari penggunaan aksesoris yang berlebihan

Penggunaan aksesori yang berlebihan seperti lampu strobo, lampu neon, dan lain-lain dapat membuat daya tahan aki menjadi cepat habis dan mudah tekor.

Pilihan Editor: Aki Mobil Cepat Soak, Bisa Jadi Ini 5 Penyebabnya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi