Simak Penyebab Aki Mobil Tekor dan Cara Mengatasinya
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 31 Oktober 2022 07:30 WIB
Ilustrasi Aki Mobil. TEMPO/Wawan Priyanto

GOOTO.COM, Jakarta - Aki merupakan bagian penting dalam sebuah mobil. Komponen ini berfungsi untuk mengaliri listrik pada sejumlah perangkat kelistrikan mobil, salah satunya untuk menyalakan starter.

Namun dalam penggunaannya, aki perlu mendapatkan perawatan agar fungsinya tetap optimal. Jangan sampai aki mengalami penurunan daya alias tekor karena kesalahan dari perawatan dan penggunaannya.

Berikut adalah penyebab aki mobil tekor, dilansir dari laman Auto2000 hari ini, Senin, 31 Oktober 2022:

1. Mobil Jarang Dipanaskan

Mobil yang jarang dipanaskan biasanya tidak bisa distarter. Sebenarnya penggunaan mobil yang jarang atau tidak digunakan dalam jangka lama, tidak disalahkan. Namun salahnya adalah ketika mobil tidak pernah dipanaskan, sehingga bisa bikin aki tekor. Disarankan untuk memanaskan mesin mobil seminggu sekali jika benar-benar tidak digunakan.

2. Air Aki Habis

Aki yang tekor juga bisa disebabkan habisnya air atau cairannya, khususnya di tipe aki basah. Sebenarnya pengisian aki terbilang mudah, namun banyak juga pemilik kendaraan yang lupa untuk menggantinya hingga membuat aki soak. 

3. Penggunaan Aksesori yang Terlalu Banyak Menggunakan Listrik

Seperti fungsinya, aki mengalirkan listrik ke beberapa perangkat mobil agar bisa digunakan. Namun jika mobil memasang aksesori yang banyak menyedot daya listrik, maka bisa dipastikan aki akan tekor.

Salah satu aksesori yang banyak menyedot daya listrik adalah audio. Aki standar dirancang untuk mengakomodir kebutuhan kelistrikan secara wajar, oleh sebab itu hindari penggunaan aksesori dan modifikasi kelistrikan yang berlebihan.

4. Aki Sudah Tua

Usia komponen yang sudah tua jelas bisa jadi penyebab aki tekor. Semakin tua mobil, semakin tua juga umur aki, dan penyimpanan daya listrik pasti semakin berkurang. Disarankan untuk mengganti aki mobil setiap 2 hingga 3 tahun sekali.

Baca Juga: 14 Merek Sepeda Motor Listrik Hadir di IMOS 2022, Apa Saja?

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Aki
#Aki Mobil
#Aki Mobil Tekor
#Aki Basah
#Tips

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi