Klasemen F1 Usai GP Austria 2023: Max Verstappen Makin Solid Pertahankan Titel
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 3 Juli 2023 08:45 WIB
Max Verstappen raih podium kemenangan di F1 Austria 2023. Minggu 2 Juli 2023. (Foto: Red Bull Racing)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pembalap Oracle Red Bull Racing, Max Verstappen berhasil memperlebar keunggulannya di klasemen sementara Formula 1 2023. Hal tersebut didapatkan usai memenangkan F1 Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Minggu, 2 Juli 2023.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Ini akhir pekan yang sangat luar biasa; sejujurnya tidak ada yang lebih baik dari ini. Kami melakukan semuanya dengan baik sebagai sebuah tim, mulai dari strategi hingga pit stop," kata Max Verstappen.

"Jelang balapan, kami semua memiliki tanda tanya di sekitar ban, tetapi kami semua senang dengan performanya dibandingkan dengan pesaing kami," tambah sang pembalap.

Adapun di balapan kali ini Max Verstappen kembali menunjukkan dominasi podium dengan lima kali kemenangan tanpa henti sejak seri F1 Miami 2023.

Pembalap asal Belanda tersebut kini mengoleksi 229 poin, diikuti oleh rekan setimnya, Sergio Perez, di peringkat kedua dengan 148 poin. Lalu disusul pembalap Aston Martin Aramco Cognizant, Fernando Alonso, di peringkat ketiga lewat raihan 129 poin.

"Sirkuit ini tidak cocok dengan mobil kami sejak tahun lalu, jadi mungkin ada sesuatu yang perlu kami perhatikan. Secara keseluruhan, kami telah mencetak sejumlah poin selama akhir pekan Sprint dan kami berhasil menempati posisi kedua di Kejuaraan Konstruktor," kata Alonso.

"Ini musim yang panjang dan kami akan menjalani balapan di Silverstone minggu depan. Ini trek yang luar biasa jadi kami akan memberikan segalanya," lanjut pembalap berkebangsaan Spanyol tersebut.

Sementara di posisi keempat ditempati pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton, dengan raihan 108 poin. Sedangkan pembalap Scuderia Ferrari, Carlos Sainz menduduki urutan ke-5 dengan torehan 86 poin.

Carlos Sainz tak bisa tersenyum lebar setelah kehilangan podium di depan mata pada F1 Austria 2023. Ia tak bisa membendung begitu kuatnya mobil RB19 tunggangan Sergio Perez, yang start dari posisi 15 dan finis di podium ketiga.

"Balapan kali ini sangat solid meskipun saya tidak senang dengan hasil akhirnya, karena menurut saya kami pantas mendapatkan podium ganda hari ini," ujar Carlos Sainz.

Pembalap Ferrari asal Spnayol ini mengakui merasa sangat cepat dan nyaman dengan mobil bernomor #55 tersebut. "Tetapi setelah pemberhentian pertama, balapan terganggu karena kami kehilangan waktu dan posisi," tambah dia.

"Saya melakukan yang terbaik untuk mendorong keras dan mengejar ketertinggalan, dengan beberapa kali menyalip mulus, tapi sayangnya saya menerima penalti akibat melindas track limit," kata Carlos Sainz.

Hingga saat ini hanya terdapat dua pembalap yang masih belum bisa menorehkan poin di Formula 1 2023, yakni Nyck De Vries (AlphaTauri Honda RBPT) dan Logan Sargeant (Williams Mercedes).

Berikut klasemen sementara Pembalap Juara Dunia F1 2023 usai F1 Austria 2023:

1. Max Verstappen - Red Bull Racing Honda RBPT: 229 poin2. Sergio Perez - Red Bull Racing Honda RBPT: 148 poin3. Fernando Alonso - Aston Martin Aramco Mercedes: 129 poin4. Lewis Hamilton - Mercedes: 108 poin5. Carlos Sainz - Ferrari: 86 poin6. Charles Leclerc - Ferrari: 72 poin7. George Russell - Mercedes: 70 poin8. Lance Stroll - Aston Martin Aramco Mercedes: 43 poin9. Esteban Ocon - Alpine Renault: 31 poin10. Lando Norris - McLaren Mercedes: 22 poin11. Pierre Gasly - Alpine Renault: 17 poin12. Nico Hulkenberg - Haas Ferrari: 9 poin13. Alexander Albon - Williams Mercedes: 7 poin14. Oscar Piastri - McLaren Mercedes: 5 poin15. Valtteri Bottas - Alfa Romeo Ferrari: 5 poin16. Zhou Guanyu - Alfa Romeo Ferrari: 4 poin17. Yuki Tsunoda - AlphaTauri Honda RBPT: 2 poin18. Kevin Magnussen - Haas Ferrari: 2 poin19. Nyck De Vries - AlphaTauri Honda RBPT: 020. Logan Sargeant - Williams Mercedes: 0

Pilihan Editor: F1 Austria 2023: Max Verstappen Menang 5 Kali, Podium Sergio Perez Fenomenal

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi