PLN Tambah SPKLU di Manokwari, Dorong Pertumbuhan Kendaraan Listrik
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 3 Juli 2023 18:12 WIB
PLN SPKLU Manokwari dipersiapkan untuk penuhi kebutuhan pengisian baterai mobil listrik. (Foto: PLN)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT PLN (Persero) menambah satu stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) untuk wilayah Manokwari, Papua Barat. Kali ini SPKLU berlokasi di Kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manokwari.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tercatat kini terdapat empat unit yang terpasang di wilayah Papua dan Papua Barat. Sebelumnya dua unit SPKLU telah tersedia di Kantor PLN UIW Papua dan Papua Barat, dan satu unit SPKLU ada di Kantor PLN UP3 Sorong.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo menyebut penambahan unit SPKLU di Manokwari bertujuan mengakselerasi pertumbuhan kendaraan listrik di wilayah Indonesia bagian timur.

"Ini salah satu upaya PLN dengan memperbanyak infrastruktur ekosistem kendaraan listrik," kata Darmawan dalam keterangannya resminya.

Selain itu, Pembangunan SPKLU di Papua ini merupakan langkah nyata yang dilakukan oleh PLN dalam mendorong pertumbuhan kendaraan listrik untuk menyukseskan transisi energi menuju kendaraan berbasis ramah lingkungan demi mencapai target net zero emission (NZE) pada 2060. 

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Budiono berharap dengan adanya SPKLU tersebut akan mendorong pemakaian kendaraan listrik di kalangan masyarakat umum di Tanah Papua.

Budioni juga menyebut PLN juga akan terus memperbanyak fasilitas pengisian daya secara bertahap dan tersebar di wilayah Papua. Salah satunya, kata dia PLN juga berencana menambah satu unit SPKLU di Biak. 

Menurutnya, usai tersedianya SPKLU, masyarakat tidak perlu khawatir lagi untuk mengisi baterai kendaraan listrik. Selain itu, beberapa fitur di PLN Mobile diklaim dapat memudahkan para pengguna kendaraan listrik mengetahui lokasi keberadaan SPKLU terdekat melalui electric vehicle digital services (EVDS).

“Fasilitas pengisian daya tersebut dapat diketahui secara mudah karena sudah terintegrasi dengan sistem. Tak berhenti di situ, masyarakat juga dimudahkan dengan platform marketplace untuk memenuhi kebutuhan kendaraan listriknya,” jelas Budiono.

Pilihan Editor: PLN Siapkan 616 SPKLU Kendaraan Listrik Selama Mudik Lebaran 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi