Pertamax Green 95 Janjikan Kadar Emisi Lebih Rendah
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 6 Juli 2023 08:00 WIB
Pertamina akan menambah pilihan bahan bakar bensin bercampur etanol 5 persen. (Foto: Pertamina)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pertamax Green 95 menjadi pilihan baru bahan bakar yang diperkenalkan untuk para pengguna kendaraan. BBM nonsubsidi di atas Pertamax ini akan dijual lebih kompetitif berbanding Shell V-Power, Revvo 95, dan BP Ultimate.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sekretaris Perusahaan PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan bahwa BBM baru ini akan dijual dengan harga yang kompetitif.

Artinya harga BBM ini diperkirakan akan mengikuti kisaran harga BBM RON 95 seperti Shell V-Power dan BP Ultimate dengan RON 95 dijual seharga Rp 13.780 per liter. Harga tersebut tentu dapat berubah mengikuti harga pasaran. 

Wilayah Surabaya dan sekitarnya menjadi lokasi pertama penjualan Pertamax Green 95, sementara hanya akan tersedia di 10 SPBU Pertamina. Surabaya dipilih karena dekat dengan pabrik etanol yang berlokasi di Mojokerto.

Sebagai informasi, Pertamax Green 95 merupakan BBM baru yang mengandung campuran etanol 5 persen. Bahan bakar dengan angka oktan RON 95 ini disebut sebagai Pertamax Green 95 yang diproduksi dari hasil fermentasi tetes tebu atau molases.

Bahan bakar jenis ini diklaim memiliki beragam manfaat, salah satunya adalah mampu menurunkan emisi yang dikeluarkan kendaraan bermotor. Sehingga BBM ini lebih ramah lingkungan untuk digunakan sehari-hari.

Namun BBM baru dari bioetanol ini perlu dilakukan uji coba pada berbagai produk kendaraan bermotor di Indonesia. BBM jenis ini sebelumnya telah berhasil digunakan dengan baik di Brazil.

Setidaknya, ada rujukan penggunaan BBM jenis ini dan kendaraan bermotor yang menggunakan BBM bioetanol tidak memiliki kendala.

Pilihan Editor: Alasan Isi Oli Mesin Mobil Harus Sesuai Volume yang Ditentukan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi