Hasil Kualifikasi F1 Inggris 2023: Max Verstappen Tercepat, Dikawal McLaren
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 9 Juli 2023 12:45 WIB
Max Verstappen raih pole position F1 Inggris 2023 - diserahkan oleh Paulo Dybala pemain AS Roma. (Foto: Red Bull Racing)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMax Verstappen pembalap Red Bull Racing menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi F1 Inggris 2023, Sabtu, 8 Juli. Dirinya mampu bukukan waktu 1:26,720 detik di sirkuit Silverstone yang mulai mengering. Pembalap kedua dan ketiga adalah dari tim McLaren Formula 1, Lando Norris hanya terpaut 0,241 detik dan Oscar Piastri bukukan waktu 1:27,092 detik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bagi Max Verstappen raih pole position ketujuh musim ini dan lima kali berturut-turut start terdepan memimpin balapan. Padahal dia sempat alami kendala understeer dan merobek front wing pasca keluar pit akibat menabrak pembatas dan harus mengganti dengan yang baru.

“Saya sempat alami insiden di pit lane, saya understeer ketika berbelok dan mobil malah lurus. Tapi hasil kualifikasi ini menyenangkan,” ujar Max Verstappen.

Pembalap asal Belanda ini juga menyatakan bahwa jalannya kualifikasi sangat menegangkan. “Sangat hectic dan licin di beberapa tempat.”

Sementara itu, kejutan dari tim McLaren berhasil start dari barisan terdepan dan hal ini menjadi kejutan bagi Lando Norris. Meskipun hasilnya sudah terbayang di sesi Q1 saat hujan membasahi lintasan, mobil McLaren mampu menjadi yang tercepat bukukan waktu 1:28,917 detik. Di Q2 berhasil pertajam waktu bukukan 1:28,042 detik tercepat ketiga dan kemudian si sesi Q3 seiring lintasan mengering pertajam hingga 1:26,961 detik di posisi dua.

Max Verstappen bersama Lando Norris dan Oscar Piastri di F1 Inggris 2023. (Foto: Red Bull Racing)

“Nyaris saja raih pole position! Selisih 0,241 detik dari posisi 1 di Q3, sangat luar biasa. Lap terakhir adalah putaran yang bagus. Saya bisa mendengar Zak di radio bahwa catatan waktunya yang terbaik. Saya bersyukur,” ujar Lando Norris.

“Bagi kami mendapat posisi dua dan tiga sangat luar biasa bagi seluruh tim, dengan segala kerja keras yang dilakukan, khususnya di sirkuit Silverstone. Melakukannya dengan livery chrome di rumah sendiri, bagi tim, saya sendiri, sangat luar biasa,” tambah pembalap usia 23 tahun kelahiran Bristol, Inggris ini.

Oscar Piastri yang akan start dari posisi 3 pada balapan hari Minggu ini, 9 Juli, mengakui sangat senang dengan hasil di kualifikasi ini. “Mobil bagai kapal roket di Q2 dan A3, saya seperti bukukan waktu terbaik. Tentunya hasil luar biasa bagi tim dan kerja keras bisa membuat kemajuan di mobil, bisa mengantarkan ke posisi terdepan adalah hasil terbaik,” ujar pembalap Australia ini.

“Saatnya untuk berusaha dan tetap mempertahankan posisi di balapan nanti. Kita tahu akan menjadi tantangan, tapi kita lihat akan seperti apa,” harap Oscar Piastri.

Hasil kualifikasi F1 Inggris 2023.

Pilihan Editor: Carlos Sainz Jr Senang SF-23 Tunjukkan Hasil Positif Jelang F1 Inggris 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi