Mobil Balap Legenda Bentley Speed Six Dibuat Lagi
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 13 Juli 2023 07:04 WIB
Bentley Speed Six Continuation Series dibuat terbatas 12 unit. (Foto: Bentley)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaGoodwood Festival of Speed menjadi momentum melihat replika mobil balap Bentley Speed Six yang ikut di balapan 24 Hours of Le Mans 1930. Merupakan mobil balap bersejarah paling sukses, replika ini dikabarkan sudah ada 12 peminat yang tengah menunggu dikirimkan ke garasi koleksi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Diyakini tak sekadar replika, Bentley Speed Six Continuation Series dibuat sesuai dengan desain awal, proses produksi yang sama seperti mobil aslinya. Bentley Speed Six ini merupakan mobil era perang dunia kedua melalui sentuhan Continuation Series by Mulliner, melibatkan Bentley bespoke dan coachbuilding division. Sama seperti Bentley Blower Continuation Series yang juga merupakan mobil perang dunia kedua dan saat ini kembali diproduksi terbatas.

Bentley Speed Six program dan pengembangannya menggabungkan keahlian modern dan tradisional coachbuilding. (Foto: Bentley)

Bentley Speed Six Continuation Series dipastikan bentuknya seotentik mungkin dengan aslinya ketika memenangkan balapan 24 Hours of Le Mans tahun 1929 dan 1930. Meskipun konsumen dibebaskan untuk memberikan sentuhan sesuai dengan selera bersama Mulliner.

Menggunakan gambar aslinya untuk membuat semirip mungkin Bentley Speed Six; diklaim ada 80 persen data keasliannya didapat dari WO Bentley Memorial Foundation. Gambar aslinya telah disempurnakan melalui catatan mekanik aslinya yang detailnya berbeda antara tahun 1929 dan 1930. Melalui data yang diambil di Bentley Speed Six tahun 1930, Bentley Heritage Collection dan juga original mobil balap Le Mans tahun 1930, lebih dikenal sebagai Old Number 3.

Bentley Speed Six Continuation Series dihadirkan mesin yang diproses serupa dengan aslinya, hadirkan tenaga 205 hp. Akan diuji daya tahannya hingga 35.000 km. (Foto: Bentley)

Bentley memastikan ada lebih dari 600 komponen individual terbaru 6½ liter enam silinder berspesifikasi mobil balap. Mesin pertama hadirkan tenaga setara 205 hp, serta tambahan 5 hp seperti yang terdokumentasikan di mesin asli balapan tahun 1930.

Banyak material otentik yang dipakai di Blower Continuation Series juga dipakai di Bentley Speed Six, kebanyakan adalah elemen trim. Tim dari Mulliner telah menilik arsip di National Motor Museum di Beaulieu, Hampshire agar mendapat lima pilihan cat berkala eksterior dari Parsons. Kelir Bentley Speed Six Car Zero berwarna Parsons Napier Green, dengan interior kulit Tan.

Bentley Speed Six Continuation Series, mobil bernilai seni tinggi ini dibangun dan diproses sepenuhnya di workshop Mulliner di Bentley Dream Factory di Crewe. (Foto: Bentley)

Bentley Speed Six Car Zero telah dibuat lebih dari sepuluh bulan yang ditangani oleh para tim ahli seniman dan spesialis Mulliner. Penanganan yang sama seperti Bentley Blower Continuation Series, Bentley Speed Six program dan pengembangannya menggabungkan keahlian modern dan tradisional coachbuilding. Pembuatannya melibatkan seniman berpengalaman dekade lebih didampingi para generasi muda yang cekatan.

Selama enam bulan ke depan, para konsumen berkesempatan berdiskusi perihal spesifikasi detail lebih jauh oleh para ahli. Konsumen akan ditawarkan layanan penyesuaian personal di mobil pengembangan kedua, dikenal sebagai Bentley Six Factory Works, untuk menjamin setiap mobil dibuat secara individu hadirkan kenyamanan yang sesuai.

Bentley Speed Six Car Zero sebagai contoh kepada calon konsumen. (Foto: Bentley)

Bentley Speed Six Car Zero yang ditunjukkan di Goodwood Festival of Speed akan dilihat secara langsung oleh konsumen dan beberapa komponennya tak akan diberikan ke konsumen. Usai ditampilkan, mobil akan dilakukan pengetesan simulasi setara 35.000 km dan berkendara sejauh 8.000 km di lintasan balap. Secara interval daya tahan dan kecepatan akan diperiksa di kondisi menantang, memberikan kepercayaan diri untuk mobil konsumen.

Mobil bernilai seni tinggi ini dibangun dan diproses sepenuhnya di workshop Mulliner di Bentley Dream Factory di Crewe.

Mobil pertama akan dibuat mulai Oktober 2023, kemudian 12 unit yang sudah dipesan konsumen akan selesai pada tahun 2025. Setiap mobil memakan waktu 10 bulan untuk pembuatannya.

Pilihan Editor: Bentley Continental GT Edisi Perayaan 20 Tahun di Auto Shanghai 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi