Super Aguri Pertimbangkan Kembali ke Formula Satu
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 6 Mei 2009 14:52 WIB
TEMPO Interaktif , Tokyo:Tim Jepang Super Aguri kemungkinan akan kembali bergabung di ajang Formula Satu pada 2010, setelah mengundurkan diri setahun lalu akibat masalah finansial.

Mantan pemilik Super Aguri, Aguri Suzuki mengatakan kepada harian olahraga Sankei Sports bahwa pihaknya tertarik untuk kembali bergabung dengan F1, yang diklaimnya sebagai "klub penuh piranha."

"Jika secara fisik memungkinkan saya akan kembali ke Formula sSatu," kata Suzuki, Rabu (6/5).

Aguri memutuskan mundur setelah gagal mendapatkan sponsor dari Honda yang sebelumnya memasok mesin kepada tim. Federasi Otomotif Internasional (FIA), setelah pengunduran diri Aguri, memutuskan pembatasan pengeluaran finansial setiap klub di F1 senilai 40 juta poundsterling (sekitar Rp 627 miliar). Keputusan itu diambil untuk membatasi ruang gerak tim-tim besar seperti Ferrari dan McLaren.

Pekan lalu FIA menyatakan, meski pembatasan pengeluaran finansial, seperempat kali lebih kecil dari pengeluaran yang biasanya dikeluarkan tiap tim, tim-tim yang menerima hal tersebut mendapat kebebasan dalam hal teknis daripada tim yang mempunyai dana tak terbatas.

FIA juga menyatakan bahwa akan tambahan tiga tim dari 23 tim yang saat ini berkompetisi musim depan. Dengan iklim ekonomi dunia yang masih melaambat, Honda memutuskan mundur dari F1 akibat anjloknya penjualan mobil perusahaan. "Ini adalah klub yang dipenuhi piranha dan saya tidak ingin memasukkan jari saya di dalamnya," ketus Suzuki penuh emosional pada jumpa pers tahun lalu.

REUTERS | BAGUS WIJANARKO

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi