Astra Financial Imbau Masyarakat Waspadai Promo Palsu Beli Mobil
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 26 Juli 2023 19:01 WIB
Seluruh Astra Financial Angel yang telah memberikan pelayanan terbaiknya bagi seluruh customer dengan ramah sepanjang GIIAS 2022 Medan. (Foto: Astra Financial)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Astra Financial sebagai divisi jasa keuangan PT Astra International Tbk, mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penipuan link yang disebarluaskan melalui pesan singkat, yang kemudian mengarahkan ke halaman palsu mengatasnamakan Astra Financial yang menawarkan kendaraan bekas dengan harga murah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Direktur Astra Financial Handoko Liem mengatakan Astra Financial tidak memiliki dan menawarkan produk ataupun promo seperti yang ada dalam link yang dimaksud. Adapun seluruh produk dan promo hanya dihadirkan oleh layanan dari Unit Bisnis Astra Financial, yaitu: FIFGROUP, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Financial Services (TAF), Asuransi Astra, Astra Life, Komatsu Astra Finance (KAF), Surya Artha Nusantara Finance (SANF), Astra Venture, Bank Jasa Jakarta, Moxa, SEVA, Maucash, AstraPay, dan Dana Pensiun Astra.

Handoko Liem dalam keterangan resminya, Rabu 26 Juli 2023, mengatakan,“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap berbagai penipuan berupa pengiriman link yang memberikan penawaran promo pembelian kendaraan yang mengatasnamakan Astra Financial."

Dirinya juga menambahkan bahwa, "Penipuan dengan modus ini sering kali menjanjikan harga murah yang menggiurkan, namun sebenarnya bertujuan untuk merugikan korban secara finansial dan melanggar privasi, karena penipu terlebih dahulu meminta korban untuk mentransfer sejumlah uang. Untuk itu, Astra Financial mengajak masyarakat untuk mengenali modus-modus penipuan link palsu agar tidak mengalami kerugian."

Diketahui, penipuan dilakukan melalui link. Oknum melakukan modus agar korban terjerat penipuan, salah satunya dengan menawarkan promo pembelian mobil tarikan leasing dengan harga murah di bawah pasar.

Agar korban semakin percaya terhadap penipuan tersebut, oknum menggunakan logo Astra Financial di link palsu berupa formulir pendaftaran palsu yang meminta korban untuk mengisi data diri yang bersifat pribadi, seperti alamat, nomor telepon, dan foto KTP.

Setelah itu, oknum akan mengarahkan korban untuk melakukan pembayaran kepada oknum melalui uang elektronik Grup Astra Financial, yaitu Astrapay.

Astra Financial juga memberikan tips agar terhindar dari penipuan dengan cara sebagai berikut:

1. Jangan mudah percaya dan langsung mengklik link tersebut. Astra Financial hanya mendistribusikan informasi resmi terkait perusahaan melalui website resmi, yaitu astrafinancial.co.id.

2. Jangan berikan data yang bersifat pribadi, seperti nomor telepon, alamat, KTP, dan email. Astra Financial tidak pernah meminta data pribadi, seperti nomor rekening dan kata sandi, melalui SMS, telepon, atau email.

3. Apabila merasa dirugikan, segera laporkan kepada pihak berwajib untuk menindaklanjuti kasus penipuan tersebut.

Pilihan Editor: Astra International Beri Bantuan Motor ke Guru di Kalimantan Timur

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi