Kenali 4 Dampak Pakai RON BBM Lebih Tinggi
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 14 Agustus 2023 11:26 WIB
Pengendara membeli BBM di salah satu SPBU di kawasan Lenteng Agung, Jakarta, Selasa 3 Januari 2023. Pemerintah resmi mengumumkan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax dari Rp13.900 per liter menjadi Rp12.800 per liter, Pertamax Turbo dari Rp15.200 menjadi Rp14.180 per liter, dan Dexlite dari Rp18.800 menjadi Rp16.150 per liter yang mulai berlaku per 3 Januari 2023 pukul 14.00 WIB. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kandungan bahan bakar minyak atau BBM memiliki nilai oktan tertentu atau biasa dikenal dengan singkatan RON BBM.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

RON adalah kepanjangan dari Research Octane Number dan menjadi patokan kualitas BBM berdasarkan nilai atau tingkat oktan. Angka RON menunjukkan tingkat ketukan atau banyaknya ketukan (knocking) yang dihasilkan di ruang bakar kendaraan saat pembakaran.

BBM oktan tinggi sebenarnya memiliki kualitas yang lebih baik dibanding dengan oltan yang lebih rendah. Meskipun begitu bensin dengan oktan lebih tinggi belum tentu mempengaruhi kinerja mesin secara signifikan.

Hal itu karena performa mesin tidak hanya dipengaruhi bahan bakar. Meski dianggap memiliki kualitas terbaik, menggunakan BBM dengan RON tinggi tentunya akan mengakibatkan efek negatif.

Dikutip dari Wahana Honda, berikut efek negatif menggunakan RON yang terlalu tinggi. 

1. Pertama energi yang dihasilkan tidak optimal. Jadi satu liter BBM tidak terbakar sempurna, ada yang tersisa artinya jarak tempuh yang dihasilkan juga akan berkurang secara otomatis. Karena energi yang terbakar tidak sempurna dan tidak habis," ungkapnya.

2. Efek kedua, timbul elek yang dikenal di bengkel  dengan istilah 'ngelitik'.

3. Menjadi sangat boros. Memakai bensin RON tinggi sepanjang seminggu pasti terasa akibatnya. Boros sekali.

4. Efek lain dari BBM dengan RON lebih tinggi akan terasa tenaga motor menjadi berkurang. Karena energi yang dihasilkan harus lebih besar dari yang terbakar, ada sisi overheat, karena terbakar lebih dari yang dibutuhkan oleh mesin. Dan, mesin tidak butuh energi sebesar itu.

Pilihan Editor: Masyarakat Diminta Pakai BBM Sesuai Spesifikasi Kendaraan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi