3 Penyebab Bensin Tak Masuk ke Ruang Bakar Mobil, Ini Cara Mengatasinya
Reporter: magang_merdeka
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 8 November 2022 19:00 WIB
Petugas mengosongkan bahan bakar mobil Esemka Rajawali rakitan siswa-siswa SMK sebelum diuji di ruang uji Balai Termodinamika Motor dan Sistem Propulsi (BTMP), Tangerang, Banten, Senin (27/2). TEMPO/Andry Prasetyo

GOOTO.COM, Jakarta - Bensin merupakan salah satu komponen utama yang dibutuhkan untuk kendaraan konvensional. Namun bensin juga bisa menimbulkan masalah, seperti tidak masuk ke ruang bakar.

Permasalahan bensin seperti ini merupakan hal yang cukup sering dialami oleh pengendara mobil yang menggunakan karburator. Gejala umumnya biasanya motor akan susah dihidupkan dan bisa saja kendaraan yang digunakan pengendara akan mogok di tengah jalan.

Berikut adalah penyebab bensin tidak masuk ke ruang bakar dikutip dari Auto2000 hari ini, Selasa, 8 November 2022:

Kondisi Selang Bensin Kotor

Selang bensin berfungsi sebagai alat pengirim bensin pada tangki ke bagian pompa bensin. Apabila selang ini kotor maka bensin tidak bisa masuk ke ruang bakar dan pembakaran akan terhambat.

Untuk mengatasi hal tersebut maka pengemudi mobil harus sering membersihkan selang bensin ini secara rutin untuk menghindari hal-hal negatif terjadi.

Relay fuel pump bermasalah

Selanjutnya ada permasalahan pada relay fuel pump yang bekerja sebagai saklar elektronik dalam mengalirkan listrik. Aliran itu nantinya berfungsi agar bahan bakar dapat terus terpompa ke ruang bakar.

Ketika terjadi masalah pada bagian ini tentunya akan mengakibatkan bahan bakar menjadi tidak bisa dipompa menuju ruang pembakaran.

Untuk mengatasi relay fuel pump maka pemilik mobil harus membawa mobil ke bengkel atau lebih sering melakukan pengecekan rutin terhadap komponen mobil.

Masalah kelistrikan

Komponen ini bisa menyalurkan listrik dalam proses pemompaan bensin ke ruang bakar. Maka dari itu masalah kelistrikan  juga harus diperhatikan. Itu dilakukan agar relay fuel pump tidak bermasalah dan selalu dalam kondisi prima.

Untuk mengatasi hal ini maka pemilik mobil disarankan untuk rutin pergi ke bengkel resmi untuk melakukan pengecekan terhadap mobil yang digunakannya secara berkala.

Baca Juga: Ada Wuling Air ev, Touring Kendaraan Listrik Jakarta-Bali Telah Dimulai

KHOLIS KURNIA WATI | AUTO2000

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto

#Bensin
#Ruang Bakar Mobil
#Mobil
#Auto2000
#Pompa Bensin

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi