Gaikindo Berharap Pemerintah Beri Insentif Lebih Buat Mobil Hybrid
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 21 Agustus 2023 08:58 WIB
Pengunjung melihat Maxus Mifa 9 yang dipamerkan dalam pameran GIIAS 2023 di ICE BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Senin 14 Agustus 2023. Maxus Mifa 9 menggunakan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 245 hp dan torsi 350 Nm. Mobil listrik ini dilengkapi baterai Lithium-Ion berkapasitas 90 kWh. Dalam keadaan baterai terisi penuh, Maxus Mifa 9 dapat menempuh perjalanan sejauh 440-520 km. TEMPO/Fardi Bestari
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berharap adanya  insentif yang juga diberikan untuk mobil hybrid. Bahkan Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengaku telah mendiskusikannya kepada pemerintah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Sudah, kita sudah bicara duduk bersama ya," kata Yohannes Nangoi ditemui usai closing ceremony GIIAS 2023 di ICE BSD Tangerang, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Meski begitu, Yohannes Nangoi menyebut saat ini pemerintah masih memilih fokus memberikan insentif kepada mobil listrik murni. Sedangkan mobil hybrid masih memakai BBM, walaupun emisi lebih rendah dan konsumsi BBM lebih irit ketimbang mobil internal combustion engine.

"Kalau namanya mobil hybrid bisa diberi bantuan tentu lebih bagus lagi, tapi kelihatannya prioritas pemerintah larinya kepada mobil listrik dulu," jelas Yohannes Nangoi.

Sebagai informasi, pemerintah sebenarnya sudah memberikan insentif bagi kendaraan ramah lingkungan seperti mobil hybrid. Insentif diberikan lewat pengurangan tarif Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM), seperti tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2021. Semakin kecil emisinya maka PPnBM yang dikenakan juga rendah.

"Relaksasi hybrid sudah ada program sendiri, basisnya penurunan karbon, begitu karbonnya turun itu insentifnya lebih tinggi. Itu sudah ada," ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang di ICE BSD Tangerang beberapa waktu yang lalu.

Meski begitu, para pabrikan otomotif berharap pemerintah menyiapkan skema khusus terhadap kendaraan ramah lingkungan agar harganya dapat lebih kompetitif.

Pilihan Editor: Mobil Hybrid Berteknologi SHVS Perlu Perhatian

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi