6 Tips Berkendara Motor di Gang Sempit, Perhatikan Hal Ini
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 22 Agustus 2023 11:56 WIB
Warga mengendarai sepeda motor saat ujian praktik SIM (Surat Izin Mengemudi) C di Satpas (Satuan Penyelenggaraan Administrasi) Polres Bekasi Kota, Jawa Barat, Senin 7 Agustus 2023. Polri mengganti lintasan berbentuk angka 8 serta zig zag dengan lintasan baru berbentuk huruf S di seluruh Satpas Polda se-Indonesia dan Satpas Polres Bekasi menyatakan kelulusan uji praktek pembuat SIM mencapai 90 persen setelah pergantian lintasan tersebut. ANTARA/ Fakhri Hermansyah
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Ketika sedang berkendara motor, seringkali pemotor harus melintasi berbagai jenis medan yang beragam, salah satunya yaitu gang sempit. Berkendara motor di gang sempit mungkin terasa sulit bagi sebagian orang, karena terdapat berbagai hal yang perlu diperhatikan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Memang benar, terdapat teknik yang perlu diperhatikan ketika melintasi jalan sempit semacam itu. selain itu, berbagai hal lain juga perlu dilakukan dan diperhatikan, supaya tetap bisa menjaga keamanan diri sendiri dan orang lain di sekitar.

Dikutip dari Suzuki.co.id, terdapat  tips dan strategi yang sebaiknya dipahami ketika melintasi gang sempit agar tetap aman.

1. Selalu Kontrol Kecepatan

Tips pertama yang menjadi sangat penting ketika berada di gang sempit yaitu mengontrol kecepatan.

Hal ini juga masih berkaitan juga dengan mengatur keseimbangan dan mengusahakan untuk tidak melakukan pengereman dalam.

2. Pandangan Harus Fokus, Perhatikan Sekitar

Fokus pandangan harus menjadi hal penting bagi pengendara yang akan melintasi gang sempit. Pastikan untuk fokus memperhatikan arah depan dan kondisi di sekitar Anda.

Ini dapat membuat pengendara lebih siap jika harus menghadapi berbagai kondisi di perjalanan. Jadi, jangan sampai kehilangan fokus berkendara motor, karena bisa membahayakan keselamatan.

3. Perhatikan Jarak Motor

Selanjutnya, perlu menjaga jarak kendaraan supaya tetap berada di dalam lintasan yang aman. Pastikan untuk menjaga jarak dengan pengguna jalan lain serta objek lain di sekitar Anda.

Dengan mengatur jarak, maka Anda bisa berkendara dengan lebih seimbang. Hal ini menjadi lebih penting ketika harus melintasi jalanan menurun, menanjak, atau berbelok. 

4. Pakai Lampu

Jalanan atau gang yang sempit biasanya cenderung memiliki penerangan yang sedikit atau kurang maksimal. Hal ini membuat jarak pandang pengendara menjadi lebih terbatas.

Oleh sebab itu, penggunaan lampu menjadi penting. Nyalakan lampu sesuai dengan standar, supaya bisa melintas dengan lebih aman.

5. Melaju di Kiri

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan yaitu posisi ketika berkendara. Usahakan tetap berkendara di jalur sebelah kiri, sebagaimana ketika melintas di jalan raya atau jalanan yang lebih luas.

Dengan begitu, maka pengendara bisa mempermudah pengendara lain yang melintas dari arah berlawanan. Ini akan membuat perjalanan Anda menjadi lebih aman, karena bisa mengurangi risiko kecelakaan.

6. Waspadai Pergerakan yang Tiba-Tiba

Ketika berkendara di gang sempit, Anda perlu mewaspadai berbagai pergerakan yang mungkin saja terjadi secara tiba-tiba. Sebagai contoh, anak yang tiba-tiba berlari menyeberangi jalan atau pintu pagar rumah yang tiba-tiba terbuka.

Pilihan Editor: 3 Tips Praktis Merawat Pelek Motor Agar Tak Berkarat dan Bengkok

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi