3 Tips Praktis Merawat Pelek Motor Agar Tak Berkarat dan Bengkok
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 10 Juli 2023 12:00 WIB
Honda CB1000EX (Foto: Honda)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Awalnya, pelek motor dibuat dengan metode stamping (press). Namun semakin berkembangnya teknologi, proses pembuatan pelek banyak menggunakan metode forging dan Casting.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Keunggulan dari metode forging dan casting adalah dapat mengurangi berat dari pelek serta desainnya lebih dinamis. Pelek yang dihasilkan dengan metode tersebut, bagian tapaknya berbahan alumunium atau baja dari bagian palangnya terbuat dari bahan metal.

Dikutip dari Wahana Honda, untuk membuat kehidupan pelek motor lebih awet, tidak cepat berkarat ataupun bengkok sejatinya ada beberapa cara praktis dan mudah:

Pelek Motor jari-jari Honda CB 1100 EX. (Foto: Honda)

1.Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan velg agar tidak cepat berkarat dan keropos menjadi tindakan preventif yang bisa dilakukan agar pelek tidak rusak. Pelek akan lebih cepat berkarat jika tidak dibersihkan dengan baik, terutama  setelah diterpa hujan, atau pemilik motor tinggal di daerah yang rawan banjir, sehingga pelek cepat menimbulkan karat.

Sering melakukan pembersihan bagian ring pelek dan jari-jari, dapat mengurangi timbulnya karat pada pelek.

2. Perhatikan Cara Berkendara

Selain menjaga kebersihan, pengendara juga perlu memerhatikan cara berkendara. Kebiasaan menerjang jalan berlubang bisa menjadi salah satu alasan pelek motor cepat rusak.

Pelek penyok karena menghantam lubang dengan keras. Menyebabkan jari-jari pelek kendur atau bengkok. Jika terlalu sering dipakai untuk menghajar jalanan yang tidak rata, bagian luar pelek motor akan cepat bengkok, khususnya model jari-jari.

Modifikasi Motor Honda. (Foto: Honda)

3. Perhatikan Umur & Tingkat Kekencangan

Selain itu, pemilik motor tidak boleh abai terhadap tingkat kekencangan jari-jari pelek. Jika ada bagian yang tidak kencang, sebaiknya segera disetel ulang, untuk menghindari pelek ambrol di tengah perjalanan.

Terakhir, umur pakai pelek juga harus diperhatikan. pelek yang tidak pernah diganti walaupun tidak rutin dipakai juga dapat memperparah kerusakan dan akhirnya akan berbahaya bagi pengendara motor.

Sering melakukan pengecekan secara berkala di bagian jari-jari pelek motor. Apabila kendur, segera lakukan penyetelan ulang.

Dan, yang pasti juga yang terpenting adalah selalu perhatikan kondisi motor secara keseluruhan, termasuk kondisi dan posisi pelek.

Pilihan Editor: Mengenal Produk Anti Karat Sesuai Kegunaan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi