Hasil Kualifikasi F1 Belanda 2023: Max Verstappen Start Terdepan
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 27 Agustus 2023 11:50 WIB
Max Vertappen di F1 Belanda 2023. (Foto: Red Bull Racing)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMax Verstappen pembalap Red Bull Racing terus bertekad memperpanjang dominasi kemenangan pada musim F1 2023. Di F1 Belanda 2023, dirinya dipastikan start terdepan pada hari Minggu ini, 27 Agustus, setelah menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi yang digelar Sabtu kemarin, 26 Agustus.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di Sirkuit Zandvoort tersebut, Max Verstappen mampu bukukan waktu 1:10,567 detik. Pole Position kali ini menjadi hat-trick bagi dirinya di sirkuit yang baru kembali gelar F1 tahun 2021 setelah absen sejak tahun 1985. 

Sedangkan posisi dua di garis start ditempati pembalap McLaren Mercedes yakni Lando Norris, terpaut cukup jauh 0,537 detik dari Max Verstappen. Posisi tiga ditempat pembalap Mercedes Petronas yakni George Russell bukukan 1:11,294 detik.

“Kualifikasi dalam kondisi seperti ini di aspal baru bisa jadi cukup rumit tetapi lap terakhir sangat menyenangkan. Ini semua tentang mendapatkan catatan waktu yang baik dan terhindar dari masalah,” ujar Max Verstappen. 

“Kami mengalami kondisi basah pada beberapa balapan terakhir namun ini adalah pertama kalinya di sini di Zandvoort, trek yang berangin dan kering memainkan faktor besar di Q3 dan tikungan pertama di lap terakhir saya agak rumit, namun tim melakukan semuanya dengan benar untuk panggilan hari ini,” jelas pembalap berbendera Belanda ini. 

Max Verstappen menegaskan bahwa, “Tekanan selalu ada untuk tampil di depan penonton sendiri, tetapi ketika Anda bisa melakukannya, rasanya luar biasa. Berada di posisi terdepan di sini rasanya luar biasa dan kami punya mobil yang sangat kuat untuk balapan nanti, mari kita lihat apa yang bisa kami lakukan.”

Lando Norris mengakui sangat gembira bisa start di barisan terdepan bersanding dengan Max Verstappen. “Posisi 2 adalah hasil yang bagus dalam kondisi seperti ini. Sesekali Anda berharap Max Verstappen melakukan kesalahan dan dia tidak melakukannya. Sedikit membuat frustasi tetapi saya sangat senang! Tim telah melakukan pekerjaan dengan baik. Itu adalah kualifikasi yang kacau tetapi kembali raih posisi 2, jadi awal yang baik dengan performa terbaik mobil,” kata dia.

Menanggapi balapan di Belanda, Lando Norris meyakini tim punya strategi agar bisa kembali lagi berada di podium. “Saya pikir ada sedikit degradasi ban di sini dan bukan keunggulan kami saat bermain: kami mulai kesulitan di tikungan-tikungan tertentu. Tapi kami telah sedikit meningkatkan kualitas mobil sejak hari Jumat, jadi saya ingin sedikit lebih berharap. Ada peluang, tapi itu akan sulit,” sahutnya.

Sementara itu tim pabrikan Mercedes, George Russell terlihat kian kompetitif berhasil raih posisi tiga tercepat di sesi kualifikasi, meski terpaut hingga 0,727 detik dari Max Verstappen.

“Sesi kualifikasi yang seru dan saya senang berada di P3. Kualifikasi kendala sejak di awal musim, namun akhir-akhir ini ada yang salah bagi saya, jadi ada baiknya untuk beristirahat, datang dengan beberapa ide segar, dan menempatkan diri kami di posisi yang baik untuk memperebutkan podium nanti.,” ujar George Russell.

Berkomentar perihal catatan waktunya yang terpaut dengan Max Verstappen, George Russell mengatakan, “Lap terakhir cukup baik – kami tahu bahwa kami kesulitan untuk mengatur suhu ban saat basah atau saat bertukar ban menjadi slick, tapi itu juga menjadi kekuatan pada balapan hari Minggu. Saya yakin Max akan menikmati berkendara seperti biasa pada hari Minggu besok, tapi dari P3 semoga kita bisa bertarung dengan baik dengan Lando, Alex dan yang lainnya.”  

Pilihan Editor: Hasil F1 Belgia 2023: Max Verstappen Perpanjang Kemenangan Beruntun

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi