Kualifikasi F1 Hungaria 2023: Lewis Hamilton Tercepat, Akhiri Puasa 33 Seri Tanpa Pole
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 23 Juli 2023 00:43 WIB
Lewis Hamilton pole position di F1 Hongaria 2023, 22 Juli 2023. (Foto: Formula 1)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaLewis Hamilton pembalap Mercedes-AMG Petronas F1 di sirkuit Hungaroring berhasil torehkan waktu tercepat saat kualifikasi (Q3) F1 Hungaria 2023, Sabtu 22 Juli. Dirinya catatkan waktu 1:16,609 detik, unggul tipis 0,003 detik dari Max Verstappen (Red Bull Racing) di posisi dua.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Terakhir Lewis Hamilton start di barisan depan di F1 Arab Saudi 2021. Terlewatkan 33 seri balapan, akhirnya pembalap berbendera Inggris ini kembali berada di pole position di F1 Hungaria. Adapun sirkuit Hungaroring sudah akrab dengan Lewis Hamilton sejak memulai karir di Formula 1 tahun 2007 sudah catatkan 8 kali berhasil start dari barisan terdepan.

“Senang rasanya bisa berada di barisan terdepan lagi. Tim telah menunjukkan kerja kerasnya,” ujar Lewis Hamilton di parc ferme.

Max Verstappen tak bisa melanjutkan dominasinya untuk start terdepan 6 kali, namun sepertinya dirinya masih ada potensi untuk memenangkan balapan di F1 Hungaria. Dirinya masih bertekad untuk memenangkan balapan 7 kali tanpa henti.

“Kita sudah mendapat kendala sejak awal latihan pekan ini untuk mendapatkan keseimbangan terbaik,” ujar Max Verstappen.

Lewis Hamilton, Max Vertappen, dan Lando Norris di F1 kualifikasi Hongaria 2023. (Foto: Formula 1)

“Setidaknya kita masih berada di posisi dua, tapi seharusnya kita masih bisa unggul dengan mobil ketika balapan,” yakin pembalap asal Belanda bernomor #33 ini.

Pembalap McLaren F1 yang saat ini tengah naik daun yakni Lando Norris sudah terlihat mendominasi di papan penunjuk hasil sesi latihan. Di sesi kualifikasi akhir Q3, pembalap bernomor #4 ini bukukan waktu 1:16,694 detik, terpaut 0,082 detik dari Max Verstappen.

“Sayangnya tidak terselesaikan dengan baik, meskipun ada kemungkinan besar risikonya. Senang tentunya, dengan posisi 3 adalah posisi terbaik untuk balapan!” kata Lando Norris.

Posisi empat ditempati oleh rekan setim Lando Norris yakni Oscar Piastri, mampu bukukan waktu 1:16,905 detik. Tampil mengejutkan adalah Zhou Guanyu (Alfa Romeo) berada di posisi lima. 

Hasil paling menyakitkan adalah George Russell rekan setim Lewis Hamilton tak lolos Q1, dirinya hanya bisa bukukan waktu 1:19,027 detik. Sepertinya menjadi korban peraturan kualifikasi Alternative Tyre Allocation (ATA) yang mewajibkan gunakan kompon keras untuk di sesi kualifikasi pertama (Q1). 

“Hasil pahit yang harus diterima. Kita menempatkan diri di posisi yang sulit saat sesi kualifikasi dan kehilangan begitu saja,” ujar George Russell.

“Padahal mobil performanya sudah bagus dan sangat berpotensi untuk hasil yang lebih bagus. Selamat untuk Lewis Hamilton dan tim yang berada di pole position,” sahut George Russell.

Peraturan tersebut seharusnya diterapkan perdana di F1 Emilia Romagna, sayangnya sirkuit tersebut terkena bencana nasional terendam banjir di banyak daerah. Adapun alokasi ban dari sebelumnya mencapai 13 set, di F1 Hungaria ini setiap pembalap hanya mendapat jatah 11 set ban. Sedianya peraturan ATA akan dilaksanakan lagi di Monza.

Pilihan Editor: Kata Daniel Ricciardo Setelah Menggeber AlphaTauri di Latihan Bebas F1 Hongaria

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi