3 Tips Menjaga Seat Belt Mobil agar Tidak Macet
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 11 September 2023 11:00 WIB
Safety Belt untuk penumpang belakang. (Foto: Newspress.co.uk)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Sebagian pemilik kendaraan masih menganggap sabuk pengaman atau seat belt sebagai perlengkapan yang sepele. Padahal komponen ini punya peran penting dalam melindungi keselamatan penumpang. Ketika sabuk pengaman mobil macet, tentu akan membahayakan penumpang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sabuk pengaman mobil yang berfungsi dengan baik bisa menjadi perisai pertama untuk melindungi pengemudi dari dampak serius saat terjadi tabrakan atau situasi darurat lainnya. Sabuk ini berguna dalam meredam gaya eksternal yang timbul selama pengereman mendadak atau tabrakan.

Terdapat beberapa penyebab seat belt macet mulai dari kotor, usia pakai dan keausan akibat sering melakukan pengereman mendadak.

Sebelum rusak, sebaiknya pengemudi pahami cara-cara untuk melakukan perawatan dengan baik dikuti dari Suzuki.co.id, sebagai berikut:

1. Perawatan Berkala

Lakukan perawatan berkala pada sabuk pengaman untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan. Bersihkan sabuk secara teratur dari debu, kotoran, atau noda lain yang bisa mengganggu pergerakan dan fungsi sabuk.

Hindari penggunaan bahan kimia keras yang berpotensi merusak bahan sabuk. Bersihkan sabuk dengan kain lembut yang direndam dalam campuran air dan sabun ringan. Periksa tanda-tanda kerusakan pada sabuk dan pastikan bahwa mekanisme penguncian berfungsi dengan baik.

2. Perhatikan Tegangan Sabuk

Pastikan sabuk pengaman tidak terlalu kendor atau terlalu kencang. Sabuk yang terlalu kendor biasanya tidak memberikan perlindungan yang memadai dalam kasus tabrakan atau pengereman mendadak.

Sabuk yang terlalu kencang, di sisi lain, bisa mengganggu kenyamanan selama perjalanan. Saat mengenakan sabuk, pastikan bahwa sabuk memiliki tegangan yang cukup untuk mengamankan Anda dengan baik.

3. Hindari Penumpang Tambahan di Sabuk yang Sama

Setiap sabuk pengaman dirancang untuk satu penumpang. Jangan mencoba menggabungkan dua atau lebih penumpang dalam satu sabuk. Hal ini akan mengurangi efektivitas sabuk dalam situasi tabrakan atau insiden lainnya.

Pastikan setiap penumpang menggunakan sabuk pengaman dengan benar dan secara individual. Jangan menganggap remeh pemakaian seat belt karena perannya sangat besar dalam melindungi penumpang saat terjadi insiden pengereman mendadak atau kecelakaan.

Pilihan Editor: Kenali 5 Tanda Ban Mobil Harus Diganti, Jangan Tunggu Pecah

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi