Kenali 5 Tanda Ban Mobil Harus Diganti, Jangan Tunggu Pecah
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 8 Agustus 2023 10:59 WIB
Ban Mobil. (Foto: Michelin)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Semakin jauh jarak tempuh, kondisi ban mobil semakin terdegradasi. Namun tak jarang masih banyak pengendara yang justru mengabaikan pentingnya memerhatikan kondisi ban.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jika didiamkan terus menerus, ban bisa pecah sehingga membahayakan pengendara dan orang lain saat di jalan. Maka ada baiknya sebelum membawa ke bengkel untuk ganti ban mobil, Dikutip dari Wuling.id, pemilik kendaraan wajib tahu beberapa tanda-tanda harus segera ganti ban mobil berikut.

1. Tapak Ban Menipis

Melihat tapak ban, yang tak boleh di bawah ukuran 1/16 inci. Tetapi jika sering berkendara di jalanan yang permukaannya licin dan basah, disarankan tapak ban tak boleh lebih dalam dari 1/16 inci.

Pengukuran tapak ban bisa dilakukan dengan menggunakan alat, namun harus mengetahui cara membacanya. Maka sebaiknya Anda meminta mekanik ahli untuk memastikan ukuran tapak ban sebelum menggantinya.

2. Sering Kempis

Tekanan ban mobil juga bisa menjadi salah satu indikator bahwa kondisi ban mobil sudah harus diganti. Menandakannya mudah, cukup memerhatikan seberapa sering mengisi tekanan ban.

Jika baru mengisi tekanan angin ban, kemudian dua hari setelahnya ban terlihat kempis lagi dan siklus tersebut terus berulang. Bisa jadi, ada keretakan di ban yang membuat tekanan mudah untuk keluar.

3. Bagian Luar Ban Retak-Retak

Tinggal di daerah dengan suhu yang tinggi dapat memengaruhi permukaan ban. Tapi tak semua pengendara mengetahuinya

Padahal hal tersebut bisa dihindari dengan rajin membersihkannya juga memberikan cairan khusus.

4. Mengeluarkan Bunyi yang Berisik

Kebisingan ketika sedang berkendara bisa menjadi salah satu tanda kalau ban mobil sudah harus diganti. Cara mengeceknya pun mudah, perhatikan ketika melintas di jalanan yang permukaannya mulus apakah ada suara bising yang terdengar.

Kemudian yang harus diperhatikan juga adalah getaran yang ditimbulkan saat mobil melewati jalanan dengan permukaan mulus. Hal ini bisa menjadi tanda kalau ban mobil aus dan tapaknya tidak rata.

5. Ban Sudah Berumur

Bila memiliki mobil sudah cukup lama dan bannya tak pernah diganti, ini merupakan waktu yang tepat. Usia yang ideal untuk ban adalah 3 tahun, namun kembali lagi harus dilihat kondisinya.

Pilihan Editor: Yokohama Advan 03 Jadi Ban Resmi untuk Toyota Alphard dan Vellfire Terbaru

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi