Tips Membersihkan dan Merawat Sunroof agar Tetap Awet
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 19 September 2023 09:55 WIB
Sunroof dan moonroof di Wuling Almaz RZ Hybrid. (Foto: Tempo/Kusnadi Chahyono)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Sunroof merupakan fitur tambahan yang menjadikan mobil tampil semakin mewah. Pada awalnya sunroof hanya terdapat pada mobil mewah, namun berkembangnya zaman fitur ini juga sudah ada di kendaraan kelas medium dengan banyak fungsi penting.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Oleh karenanya, seperti semua fitur yang ada di mobil, membersihkan dan merawat sunroof agar tetap beroperasi mulus saat diperlukan.

Pada kendaraan, kaca atap mobil ini banyak jenisnya, umumnya kotak persegi di atap dengan ukuran yang tidak terlalu besar, namun ada kendaraan yang atapnya merupakan kaca secara keseluruhan, untuk memberikan kesan lapang pada kabin.

Dikutip dari Wuling.id, cara membersihkan sunroof tidak lah terlalu sulit bila dilakukan secara rutin. Di mana saat mencuci kendaraan, pasti bagian sunroof pun tidak luput dari sabun dan air.

Akan tetapi karena bahannya adalah kaca, maka usahakan agar sunroof kendaraan tidak terkena bahan kimia dengan dasa ammonia, karena akan merusak kualitas kaca.

Jangan lupa bahwa sunroof ini tidak hanya bagian atas, namun ada bagian dalam yang juga harus dibersihkan, apalagi jika sering melewati jalur yang berdebu saat sunroof dibuka.

Caranya pun mudah, cukup gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu yang ada di bagian depan, kiri-kanan dan belakang saat sunroof dibuka. Selanjutnya saat menemukan cairan pada pipa mekanis sunroof, tidak perlu khawatir karena itu memang cairan agar gerak mekanis sunroof lancar.

Selain itu agar sunroof tidak berat saat dibuka makan harus sering membukanya agar kerja tetap maksimal dan tetap membersihkan sunroof secara rutin usai mencuci mobil.

Pilihan Editor: Hampir 125 Ribu Mobil Mercedes-Benz Kena Recall karena Kerusakan Sunroof

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi