Kapolri Usul Motor Terapkan Ganjil Genap
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 29 September 2023 08:57 WIB
Kendaraan terjebak kemacetan di Kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat, 7 Juli 2023. Pemprov DKI Jakarta mewacanakan pembagian jam masuk kantor demi urai macet. Pengaturan jam masuk kerja itu segera diuji coba dikaji dalam sesi yakni pukul 08.00 WIB dan 10.00 WIB. Namun kebijakan ini masih dibahas dengan Polisi dan stakeholder lain. TEMPO / Hilman Faturrahman W
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ikut menyoroti masalah kualitas udara di Jakarta yang kian memburuk. Menurutnya terdapat beberapa penyebab menurunnya kualitias udara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Beberapa waktu lalu dihadapkan dengan polusi udara, khususnya di DKI Jakarta, 67 persen disebabkan oleh emisi kendaraan bermotor, 26,8 persen dari industri manufaktur, sisanya pembakaran sampah,” ucap Listyo Sigit Prabowo dalam acara Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68 yang disiarkan secara daring, Selasa, 26 September 2023.

Listyo menambahkan masalah ini harus menjadi perhatian bersama. Adapun usaha Polri untuk menekan polusi udara di antaranya dengan beralih ke kendaraan listrik serta mendorong konversi, dari energi fosil ke energi listrik.

“Saya kira nanti kita yang akan memulai untuk bergeser dari mobil fosil ke listrik, dan juga kita dorong konversi perubahan dari motor yang menggunakan energi fosil ke listrik. Ini juga bagus untuk UMKM, memang sudah ada subsidi, tapi yang nonsubsidi juga kita dorong,” lanjut Listyo Sigit Prabowo.

Selanjutnya, Sigit juga menyingung aturan ganjil genap yang masih belum efektif. Dia berharap aturan tersebut ke depannya bisa diterapkan untuk pengguna motor.

“Ganjil genap tidak berlaku untuk yang menggunakan motor listrik maupun mobil listrik, sekarang motor masih bebas ganjil genap. Tapi suatu saat nanti tolong dipikirkan, karena memang 67 persen emisi kendaraan bermotor menyebabkan polusi,” kata Listyo Sigit Prabowo.

Diketahui Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sempat mengeluarkan wacana untuk menerapkan ganjil genap bagi sepeda motor pribadi. Namun, kebijakan ini dianggap sulit untuk dilakukan.

Wacana tersebut hadir lantaran hampir setiap masyarakat memiliki motor.

Pilihan Editor: Korlantas Polri Godok Aturan Poin Tilang, SIM Bisa Dicabut

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi