BPKB Bakal Hadir Lebih Ringkas, Hanya Sebesar Paspor
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 14 September 2023 08:59 WIB
BPKB asli saat di bawah ultraviolet hologramnya selain muncul logo kepolisian juga ada garis-garis kecil bertebaran di halamannya. 15 Desember 2018. Tempo/Pribadi Wicaksono
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Korps Lalu Lintas Polri tengah merancang model terbaru dari Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) yang hadir lebih ringkas mirip seperti Paspor. Selain itu BPKB juga akan dipercanggih dengan penanaman chip.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dirregident Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus mengatakan pembaharuan BPKB saat ini masih tahap pengembangan dan baru akan diterapkan pada 2024 mendatang. Ia juga menyebut rancangan BPKB anyar ini akan lebih simpel dan mudah terintegrasi dengan single data Korlantas Polri.

"Mudah mudahan tahun depan sudah bisa kami laksanakan, kemarin sudah kami uji coba di beberapa tempat yang ada perbaikan, karena ini menyangkut dengan digital berkesinambungan," kata Yusri mengutip laporan NTMC Polri, Kamis, 14 September 2023.

Selain itu, Polri telah menggelar rapat Analisa dan Evaluasi (Anev) Pelayanan BPKB bersama Polda jajaran T.A 2023 untuk menyamakan persepsi guna meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Sesuai dengan perintah Kapolri bagaimana kami melayani masyarakat dengan pelayanan cepat, mudah dengan kemajuan teknologi dan informasi di era 4.0 ini kami samakan persepsi pada rapat Anev ini untuk satu tujuan dan tindakan yang sama," lanjut dia.

Diketahui wacana pergantian BPKB model baru telah disebutkan pada Januari 2023. Saat itu, Yusti menyatakan BPKB tersebut akan berbentuk seperti paspor yang dilengkapi chip hingga Near Field Communication (NFC).

Pembaharuan model desain itu sebagai proses perpindahan data kendaraan menuju sistem digital. Dalam masa peralihannya, BPKB elektronik baru akan akan diberikan ke pemilik kendaraan yang melakukan pergantian BPKB, serta pemilik kendaraan bermotor baru.

Pilihan Editor: Bapenda DKI Jakarta Hadirkan Program Bayar Pajak Kendaraan Berhadiah Motor Listrik

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi