Bukan Honda BeAT, Pencuri Motor Sebut Ada yang Lebih Mudah
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 5 Oktober 2023 10:00 WIB
Honda Vario 125 2022. (AHM)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Aksi pencuri motor masih banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Terdapat sejumlah jenis motor yang menjadi favorit pelaku pencurian karena dianggap mudah dibobol dengan waktu singkat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Polrestabes Semarang baru-baru membongkar komplotan para pelaku pencurian motor. Para pelaku mengungkapkan saat ini motor yang paling mudah dibobol bukan Honda BeAT melainkan Honda Vario dan Honda CBR.

Dalam unggahan akun instagram @polrestabes_semarang_official terungkap bahwa kunci setang ke kanan tidak berpengaruh pada keamanan motor. Hal tersebut lantaran posisi lubang kunci masih memiliki ruang yang cukup lebar.

“Motor yang gampang dicuri Honda CBR dan Vario. Soketnya kelihatan, paling butuh waktu satu menit. Paling susah motor Honda BeAT. Kalau posisi setang tidak pengaruh, susahnya kalau ada kunci tambahan,” kata pelaku dalam video tersebut.

Hal senada juga pernah diungkapkan pelaku pencurian kendaraan bermotor yang diamankan Polsek Tambora, Jakarta Barat, beberapa wkatu lalu. Pelaku menyebut kunci setang ke kanan sama saja, karena sudah memiliki teknik untuk membobolnya.

“Kalau bedanya kunci setang ke kiri dan ke kanan itu sebenarnya sama saja kita ngambilnya, sama-sama enak. Cuma agak susah, nyangkut sedikit doang kalau setang kanan itu,” kata pelaku dikutip dari unggahan video Humas Polsek Tambora.

Para pelaku umumnya membobol motor hanya mengandalkan kunci T atau kunci letter T yang sudah dimodifikasi. Komplotan tersebut biasanya akan lebih segan membobol motor yang memiliki kunci ganda.

“Pasang kunci ganda, sama pasang remote (smart key). Sama juga mengimbau untuk masyarakat, naruh motornya juga jangan asal-asalan. Kalau bisa itu diparkirkan (resmi) sama ditambah kunci ganda lagi biar aman,” lanjut pelaku pencurian.

Pilihan Editor: Skutik Honda Click 125 Pakai Livery 50th Anniversary Edition Berniaga di Filipina

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi