AISI Klaim Puluhan Ribu Motor Listrik Telah Terjual di Indonesia
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 6 Oktober 2023 12:00 WIB
Motor listrik Alva berpeluang diekspor ke Malaysia hingga Eropa. (Foto: Alva)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat adanya pertumbuhan industri motor di Indonesia pada 2023. Pertumbuhan bukan hanya terjadi terhadap motor bensin melainkan juga pada motor listrik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Industri sepeda motor di indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan dibandingkan tahun 2022, dengan pertumbuhan sekitar 36 persen dan angka penjualan telah mencapai 4,2 juta unit hingga Agustus 2023,” ujar Ketua Umum AISI, Johannes Loman di Jakarta Selatan, Rabu, 4 Oktober 2023.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal AISI, Hari Budianto menjabarkan meskipun industri sepeda motor Indonesia mengalami pertumbuhan, namun penjualan motor listrik masih terbilang kecil. Hingga Agustus 2023, distribusi motor listrik ke konsumen baru mencapai 35 ribu unit atau sekitar satu persen dari total penjualan sepeda motor.

“Penjualan kurang lebih sekarang per bulannya itu 5 ribu unit untuk sepeda motor listrik, dengan total secara umum sepeda motor biasa itu 500 ribu lebih," kata dia dalam kesempatan yang sama.

Meski begitu, Hari menyebut tren motor listrik di Indonesia nyatanya terus meningkat. Ia juga optimis penjualan motor listrik akan terus meningkat dalam beberapa tahun ke depan.

“2021 itu penjualan sekitar 9 ribuan, 2022 itu naik ke 17 ribu. Tahun 2023 ini, sepeda motor listrik sampai Agustus akhir sudah 35 ribu,” lanjut dia.

Dalam waktu dekat, AISI juga akan menggelar IMOS+ 2023 yang akan digelar pada 25-29 Oktober di ICE BSD, Tangerang. Pameran ini menghadirkan berbagai produk dan teknologi terbaru dari industri motor Indonesia.

Acara ini juga digencarkan untuk mempromosikan motor listrik sebagai salah satu solusi transportasi yang ramah lingkungan.

Pilihan Editor: Beragam Motor Baru Siap Melantai di IMOS+ 2023

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi