Trek Sirkuit Mandalika Dapat Pujian dari Pembalap dan FIM
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 15 Oktober 2023 08:50 WIB
Sprint Race MotoGP Mandalika 2023. (Foto: Red Bull Content Pool)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Direktur Utama PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA) Priandhi Satria mengatakan seluruh rangkaian balapan pada hari pertama MotoGP Mandalika 2023 berjalan lancar seiring dengan seluruh persiapan yang rampung 100 persen. Dia mengklaim kualitas sirkuit Mandalika yang sangat baik dipastikan membuat balapan dari sesi latihan hingga race utama makin menarik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hal itu dibuktikan dengan diraihnya predikat homologasi tertinggi grade A setelah menjalani proses inspeksi ketat oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna pada Kamis, 12 Oktober 2023.

Menurut Priandhi, pujian juga diberikan FIM terkait kualitas marshal lokal yang mumpuni meskipun usia sirkuit baru sekitar 1 tahun. Total akan ada 400 marshal bertugas di MotoGP Mandalika.

“Free practice hari ini adalah awal dari perjalanan kami untuk penyelenggaraan IndonesianGP pada tahun kedua di Sirkuit Mandalika. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap detail disiapkan dengan cermat dan pembalap dapat merasakan kualitas lintasan yang istimewa di sini. Ini adalah momen penting bagi MGPA selalu pengelola sirkuit, dan kami percaya bahwa seri IndonesianGP akan menjadi salah satu perlombaan paling dinanti dalam kalender MotoGP,” ujar Priandhi dalam keterangan resminya, Jumat 13 Oktober 2023.

Sebagai contoh itu pujian juga datang dari Aleix Espargaro yang menyebut trek kali ini lebih baik dari sebelumya.

Pembalap Aprilia Racing Aleix Espargaro (kanan) dan pembalap Repsol Honda Marc Marquez memacu sepeda motornya saat sesi kualifikasi Q2 MotoGP seri ke-15 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu 14 Oktober 2023. Pembalap Mooney VR46 Racing Team Luca Marini merebut pole perdana dan berhak start terdepan pada balapan MotoGP Mandalika dengan catatan waktu 1 menit 29,978 detik, disusul pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales dan Aleix Espargaro. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

"Saya merasa kalau trek ini lebih sempurna dari edisi lalu, ga ada bumps juga," kata dia setelah balapan, Jumat, 13 Oktober 2023.

Priandhi juga kembali mengatakan penyelenggara terus bekerja sama dengan pihak-pihak terkait seperti kepolisian dan dinas perhubungan demi kelancaran arus lalu lintas menuju Sirkuit Mandalika. Pengaturan lalu lintas akan terus diawasi agar tidak terjadi kemacetan, mengingat tingginya antusiasme penonton dalam ajang Indonesian GP 2023.

Selain memanjakan penonton dengan ajang balapan para riders terbaik di dunia, Indonesian GP 2023 juga mengadakan menghadirkan berbagai side event yang dapat diikuti Sabtu-Minggu, 14-15 Oktober 2023.

Ada 4 empat zona side event yang dapat dinikmati, yakni Merdeka Zone di mana panggung hiburan Harmoni Mandalika by Pertamina akan menyajikan pertunjukan yang diisi oleh sejumlah musisi nasional Tanah air antara lain NTRL, Dipha Barus, Amtenar, Hydro Koplo, dan Melanie & PPK. Ada juga Pusa Zone yang diisi oleh UMKM Lombok tengah dan NTB beserta para tenant lainnya.

Zone berikutnya adalah Bhinneka Zone yang diisi oleh Biker’s Lot, ajang test ride, hingga area makan dan minum (food & beverages) bernama Fuel Up. Zona terakhir adalah Tropika Zone yang diisi oleh official merchandise store hingga para UMKM.

“Dengan dimulainya Indonesian GP 2023, kami pastikan persiapan untuk side event juga sudah 100%. Jadi para penonton dengan kategori tiket apapun silahkan datang ke side event dan menikmati berbagai hiburan dan sajian yang tersedia,” ujar Presiden Direktur Dyandra&Co., Daswar Marpaung.

Pilihan Editor: Pertamina Enduro VR46 Racing Team akan Tampil di MotoGP 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi