Cerita Yamaha MT-07 Buatan Indonesia, dari Eskpor Mesin hingga Motor Utuh
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 21 Oktober 2023 06:45 WIB
Yamaha MT-07 produksi Indonesia lalui pengetesan quality control (QC) sebelum pengiriman ke Eropa. (Foto: Yamaha)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah mengekspor Yamaha MT-07 secara utuh ke beberapa negara di Eropa. Meski begitu, Yamaha mengaku sebenarnya telah lama mengeskpor motor tersebut namun hanya mesinnya saja.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Sebenarnya engine-nya diproduksi di Indonesia dari dulu, tapi kita belum diizinkan untuk ekspor dalam bentuk CBU motor utuh. Mesinnya dibuat di Indonesia dikirim ke Jepang, mereka buat lalu ekspor ke negara-negara yang membutuhkan," ujar Asst. General Manager Marketing - Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro di Mataram, Lombok beberapa waktu lalu.

Anton menambahkan selain mesin Yamaha MT-07, Yamaha Indonesia juga memproduksi mesin Tenere 700 dan XXR 700. Namun demikian unitnya belum diekspor secara utuh.

"Kenapa MT-07 tidak dijual di indonesia? Kami pernah impor pada 2020, sebenarnya kita berpikir kalau jualnya seperti itu harganya sangat tinggi sekali, karena pajak dan lain-lain, ini yang membuat harga melambung. Kalau kami langsung menjual, tetap saja tidak menghapus pajak-pajak itu, jadi harganya juga terbilang masih tinggi," lanjut Anton.

Diketahui sebelumnya, President Director & CEO Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dyonisius Beti menyebut penjualan MT-07 di Indonesia masih terganjal pajak kendaraan mewah.

"Permasalahannya adalah, regulasi di Indonesia itu wajib membayar pajak di atas 250 cc dan 700 cc. Jadi misalnya nilainya 1.000, pajak barang mewahnya itu 95 persen. Jadi 1.000 jadi 1.950, PPN 11 persen, lalu 5 persen," kata Dyon di YIMM Jawa Barat, Karawang.

Hal tersebut diklaim yang membuat Yamaha masih mempelajari Harga yang cocok untuk MT-07 nantinya.

"Itu jadi harga 1.000 jadi berapa ribu? Belum lagi BBN-nya, makanya harga CBU di Indonesia itu lebih mahal dari luar negeri. Karena pajak kita memang itu tinggi sekali untuk motor-motor besar. (Tak hanya yang impor) buatan dalam negeri produksinya pun harus bayar (pajak). Yamaha Indonesia itu company yang complied (patuh) pajak, makanya kami wajib pungut pajak itu," sambung Dyonisius Beti.

Pilihan Editor: Yamaha MT-07 Buatan Indonesia untuk CBU Eropa

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi